Type to search

MA Batalkan Putusan PHI Padang, Pekerja Kehilangan Pesangon

Share

buruh-online, Padang : Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Padang dalam putusannya Nomor 20/G/2013/ PHI.PDG. tanggal 10 September 2013, menghukum CV Toshio yang beralamat di Jalan Veteran Nomor 45 Kota Padang, Sumatera Barat, untuk membayar pesangon sebesar Rp. 87,3 juta kepada Zulnanda SE.

Zulnanda bekerja di CV Toshio sejak tanggal 15 September 1993, dengan menerima gaji/upah setiap bulannya sebesar Rp. 4.500.000,-, sebagai Kepala Administrasi Umum, yang tehitung sejak tanggal 18 Maret 2013 dimutasikan ke bagian mekanik.

Mutasi yang dilakukan oleh perusahaan, disebabkan Zulnanda sering melalaikan kewenangan sebagai Kepala Administrasi. Merasa tidak mendapatkan keadilan setelah bekerja lebih dari 20 tahun, Zulnanda melaporkan CV Toshio ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang tanggal 19 Maret 2013 dan tanggal 3 April 2013, serta menggugat CV Toshio ke PHI Padang.

Tidak terima dengan putusan PHI Padang yang memenangkan gugatan Zulnanda, CV Toshio mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung pada tanggal 24 September 2013, sebagaimana ternyata dari Akta Pernyataan Permohonan Kasasi Nomor 04/K/2013/PHI.PDG., dengan memori kasasi tanggal 7 Oktober 2013.

Dalam pertimbangan hukumnya, Mahkamah Agung menilai PHI Padang telah salah dalam menerapkan hukum, karena CV atau Comanditaire Vennootschap adalah badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan berbeda-beda di antara anggota-anggotanya, dan sesuai ketentuan hukum yang berlaku pada bagian kedua Bab III Pasal 19 sampai dengan Pasal 35 KUHD, di samping itu juga berlaku ketentuan umum dalam Pasal 15 KUHD sebagai hukum positif yang mengatur tentang persekutuan komanditer (CV)/persekutuan firma, maka dapat dikatakan CV merupakan badan usaha yang bukan badan hukum, oleh karenanya yang menjadi subyek hukum adalah orang-orang yang menjadi pengurusnya, maka yang bertanggung jawab dan dapat menggugat adalah pengurusnya dan bukan CV-nya, oleh karena itu gugatan Supriono error in subject.

Sehingga, Mahkamah Agung dalam putusan Nomor 611 K/Pdt.Sus-PHI/2013 tanggal 11 Februari 2014, membatalkan putusan PHI Padang yang menghukum CV Toshio untuk membayar pesangon sebesar Rp. 87,3 juta, dan menyatakan gugatan Supriono tidak dapat diterima.

(forward buruh-online.com : 8/8/2014)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *