Sabtu, 19 Oktober 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
116

Perusahaan Mau Dilelang, Gugatan Kandas Akibat Salah Gugat Direktur

 

buruh-online.com, Bandung : Gugatan Ismawati, dkk (47 orang) yang bertempat tinggal di Rancaloa RT. 007/ RW. 003 Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, kandas di Mahkamah Agung berdasarkan putusan Nomor 342 K/Pdt.Sus-PHI/2013 tanggal 24 Juli 2013 (publish : MA tanggal 18 Juli 2014). 

Pekerja CV Harapan Jaya Utama yang beralamat di Jalan Raya Sapan Km. 2 No. 55 Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung ini, menuntut Hendra Kahar selaku Direktur CV Harapan Jaya Utama, karena merujuk pada Pengumuman kedua pada surat kabar harian Galamedia pada tanggal 08 Februari 2012 PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan mengadakan lelang eksekusi hak tanggungan dan lelang eksekusi jaminan fidusia dengan perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Bandung terhadap CV Harapan Jaya Utama.

Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Bandung dalam putusan Nomor 05/G/2013/PHI.BDG tanggal 18 Maret 2013, menyatakan gugatan Ismawati, dkk tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijke Verklaard). 

Hakim PHI Bandung berpendapat, bahwa gugatan Ismawati, dkk, telah mendudukkan Hendra Kahar selaku Pimpinan CV Harapan Jaya Utama sebagai Tergugat, padahal berdasarkan bukti-bukti yang disampaikan dihadapan Majelis Hakim, yang bertindak selaku Direktur CV Harapan Jaya Utama adalah Muliawan Kahar bukan Hendra Kahar, sehingga karenanya penarikan Hendra Kahar selaku Direktur CV Harapan Jaya Utama sebagai Tergugat telah tidak sesuai Pasal 19 KUHDagang, menjadi Error In Persona karena nyata-nyata telah salah menarik pihak.

Bunyi Pasal 19 Kitab Undang-undang Hukum Dagang, kami kutip sebagai berikut :

Perseroan yang terbentuk dengan cara meminjamkan uang atau disebut juga perseroan komanditer, didirikan antara seseorang atau antara beberapa orang pesero yang bertanggung-jawab secara tanggung-renteng untuk keseluruhannya, dan satu orang atau lebih sebagai pemberi pinaman uang. Suatu perseroan dapat sekaligus berwujud perseroan firma terhadap pesero-pesero firma di dalamnya dan perseroan komanditer terhadap pemberi pinjaman uang”.

(forward buruh-online.com : 17/7/2014)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of