Type to search

1,2 Miliar Penduduk Dunia Hidup dengan Rp15 Ribu per Hari

Share

dradioqu, Internasional – Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa Ban Ki-moon mengatakan, lebih dari 1,2 miliar penduduk dunia hidup dengan 1,25 dolar Amerika atau sekitar Rp15 ribu per hari. Sedangkan 2,4 miliar lainnya hidup dengan 2 dolar Amerika atau sekitar Rp24 ribu per hari.

Ban mengungkapkan hal itu dalam the International Day for the Eradication of Poverty, Jumat, (17/10/2014). Kata dia, sejak dunia dilanda krisis finansial pada 2008, kesenjangan terus meningkat termasuk diskriminasi kepada perempuan dan gadis remaja.

Ban mengatakan, kemiskinan yang terus bertambah jumlahnya serta perlakukan yang tidak setara kepada perempuan akan memunculkan instabilitas.

Dia memberi contoh kasus Ebola yang melanda Afrika di mana kasus itu bukan hanya mengancam kesehatan tetapi juga pertumbuhan ekonomi serta menghambat upaya tiga negara yaitu Liberia, Guinea dan Sierra Leone memerangi kemiskinan.

Berdasarkan data PBB, setiap tahun diperlukan dana sebesar 66 miliar dolar Amerika untuk meningkatkan pendapatan penduduk miskin di dunia. Sementara itu, Duta Besar Finlandia, Pertti Majanen mengatakan, bantuan dari pemerintah kepada negara berkembang jumlahnya bisa dua kali lipat dari dana untuk meningkatkan pendapatan penduduk miskin di dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *