Minggu, 21 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.570

CV Bukan Subyek Hukum, MA Nyatakan Gugatan Tidak Dapat Diterima

Palembang – Mahkamah Agung menyatakan gugatan Tugiriandy, Ridwansyah, Kusnadi, M Yamin dan Jimmy Efendi, terhadap CV Sindang Laya yang berkedudukan di Jalan Kolonel H. Burlian Nomor 238 Km. 7, Palembang, tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard).

Demikian petikan putusan Mahkamah Agung dalam tingkat kasasi dengan perkara Nomor 531 K/Pdt.Sus-PHI/2013 tanggal 26 November 2013, yang dibacakan oleh H. Yulius, S.H.,M.H., Hakim Agung yang ditetapkan oleh Ketua Mahkamah Agung sebagai Ketua Majelis Hakim.

Dalam pertimbangan hukumnya, Mahkamah Agung menilai CV atau Commanditaire Vlunotshaap adalah badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan berbeda-beda diantara anggotanya.

Masih menurut Mahamah Agung, sehingga sesuai ketentuan hukum yang berlaku, pada bagian kedua Bab III Pasal 19 sampai Pasal 35 KUHD, di samping itu berlaku ketentuam umum dalam Pasal 15 KUHD sebagai hukum positif yang mengatur tentang persekutuan komanditer (CV)/persekutuan firma, maka dapat diketahui CV merupakan badan usaha yang bukan badan hukum, oleh karenanya yang menjadi subyek hukum adalah orang-orang yang menjadi pengurusnya, maka yang bertanggung jawab dan dapat digugat adalah pengurus dan bukan CV nya.

Sebelumnya, Tugiriandy, dkk menggugat CV Sindang Laya ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Palembang, karena berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu atau yang umum disebut perjanjian kerja kontrak terhitung sejak tanggal 1 November 2011.

Terhadap gugatan Tugiriandy, dkk, PHI Palembang menerbitkan putusan Nomor 16/G/2012/PHI.PLG. tanggal 28 Maret 2013, yang mengabulkan gugatan sebagian, menyatakan hubungan kerja berakhir karena PHK, dan menghukum CV Sindang Laya untuk membayar kompensasi PHK sebesar lebih dari Rp.45 juta.

Namun atas terbitnya putusan Mahkamah Agung, maka putusan PHI Palembang yang mengabulkan gugatan Tugiriandy, dkk menjadi batal. (Red)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of