Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
400

Pengurus Serikat di-PHK, PPMI Protes Domestos Nomos

Karawang – Produsen obat nyamuk bermerk “Domestos Nomos” yang diproduksi oleh PT Technopia Jakarta, di-protes oleh Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Cabang Karawang, lantaran melakukan pemutusan hubungan kerja sepihak terhadap 13 pekerja sejak 13 Agustus 2014, yang juga merupakan pengurus PPMI di PT Technopia Jakarta.

PPMI melakukan protes terhadap PT Technopia dengan menggelar aksi unjuk rasa didepan gerbang perusahaan sejak Rabu (15/10) lalu hingga berita ini diturunkan. Malam ini (17/10), PPMI bersama beberapa Juru Bicara ABK, dan beberapa tokoh masyarakat, diantaranya Asep Irawan Syafe’i (Kang Ais), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) PPMI didepan gerbang perusahaan PT Technopia Jakarta, guna membahas pergerakan perjuangan buruh di Karawang kedepan, termasuk mendesak dipekerjakan kembalinya ke-13 pekerja PT Technopia Jakarta.

PHK terhadap ke-13 pengurus PPMI oleh perusahaan yang berlokasi di Jl. Terusan Interchange, Anggadita, Klari, Karawang tersebut, karena dianggap bertanggung jawab atas unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Besar Karawang (ABK) pada tanggal 27 Juni 2014.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ABK kala itu, mampu menutup arus tol Karawang Timur. ABK kecewa terhadap buntunya proses pengawasan ketenagakerjaan dalam penegakkan kasus sistem kerja kontrak yang dilanggar oleh 13 perusahaan besar di Karawang, diantaranya PT Technopia Jakarta.

Dalam keterangan persnya, Ketua DPC PPMI Karawang, Daeng Wahidin di akun facebook miliknya, mendesak PT Technopia Jakarta untuk mempekerjakan kembali seluruh pengurus dan anggota yang telah di PHK sepihak oleh PT Technopia Jakarta, membayarkan upah bulan September 2014 yang belum dibayarkan, mengangkat seluruh karyawan PT Technopia Jakarta yang berstatus pekerja kontrak menjadi pekerja tetap, dan memberlakukan Upah Minimum Sektoral III sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Tahun 2013 Tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota dan Surat Penjelasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. (Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of