Type to search

Tenaga Kerja Asing di Subang Tercatat Sebanyak 200 orang

Share

pikiran-rakyat, Subang – Tenaga Kerja Asing yang bekerja di beberapa perusahaan Kabupaten Subang hingga saat ini tercatat sebanyak 200 orang. Mereka kebanyakan berasal dari negara Korea dan sejumlah negara lainnya seperti India, dan Thailand.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnakertrans) Kabupaten Subang, Kusman Yuhana, saat dihubungi, Minggu (19/10/2014).

Dia mengungkapkan para tenaga kerja asing sebanyak itu sudah rutin mengurus administrasi perpanjangan setiap tahunnya. Pihaknya berharap peran aktif dari perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing agar melapor dan mendaftarkan mereka kepada Disnaker.

Dikatakannya, pengawasan terhadap keberadaan tenaga kerja asing itu terus dilakukan pihaknya. Namun proses pengawasannya dilakukan mengacu kepada data, dan tidak melakukan pengecekan langsung ke perusahaan-perusahaan.

“Setiap tahun mereka memperpanjang izin, dari situ kami bisa tahu keberadaan mereka. Apabila mereka tak memperpanjang ijin, sangsinya berat dan bisa dideportasi,” katanya.

Namun hingga saat ini belum ada tenaga kerja asing yang terkena sangsi hingga dideportasi. Sebab mereka termasuk perusahaannya pro aktif mematuhi aturan yang berlaku.

Dijelaskan Kusman, jumlah perusahaan baik kecil, sedang, dan besar di Kabupaten Subang terus bertambah, dan saat ini sudah tercatat sebanyak 515 perusahan. Dari jumlah tersebut, perusahaan besar yang berdiri di Subang kebanyakan pabrik garmen.

“Dari data beberapa tahun terakhir rata-rata di Subang ada penambahan perusahaan sebanyak 10. Sedangkan jumlah tenaga kerjanya sudah mencapai 60 ribu orang, dan 90 persen merupakan buruh perempuan,” ujarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *