Minggu, 15 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
11

Aliansi Jawa Barat Galang Gerakan Pencabutan Perda Ketenagakerjaan

Bogor | Juru bicara Aliansi Jawa Barat (Aljabar), Daeng Wahidin dari unsur serikat pekerja Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Karawang, mengatakan bahwa Aljabar dlam satu minggu kedepan sedang menggalang kekuatan massa buruh untuk mendesak Gubernur dan Kementerian Dalam Negeri mencabut Peraturan Daerah Prov. Jawa Barat No. 6 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan.

Perda yang disahkan bulan Juli 2014 tersebut, dinilai Daeng telah menabrak hak-hak dasar pekerja, diantaranya menghilangkan syarat-syarat pembolehan sistem kerja kontrak, yang pada akhirnya akan melegalkan sistem kerja yang selama ini merugikan buruh tersebut.

Selain itu, Perda juga ternyata memudahkan perusahaan penempatan tenaga kerja swasta untuk menempatkan pekerja hanya dengan syarat berupa ijin dari Dinas Tenaga Kerja saja. Hal itu dinilai Daeng, merupakan sebagai bagian dari praktek sistem kerja outsourcing, yang pelaksanaannya semakin dipermudah, demikian disampaikan Daeng disela-sela acara Pelatihan Advokasi Nasional yang digelar PPMI sejak Jum’at (31/10) malam, di Villa Baladegan, Gunung Geulis – Bogor.

Senada dengan Daeng, Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS) Agus Humaedi juga menolak keberadaan Perdanaker Jawa Barat. Agus yang juga terdaftar sebagai pekerja di salah satu perusahaan di Kawasan Industri Karawang – Jawa Barat menilai, bahwa Perdanaker sebagai produk politik dari Gubernur Jawa Barat diantaranya merupakan upaya menghapus Peraturan Daerah Kabupaten Karawang No. 1 Tahun 2011 yang jauh lebih baik isinya ketimbang Perdanaker Jabar.

Menurut Daeng, rencananya dalam waktu dekat, Aljabar akan mengadakan aksi ke Gubernur, Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), dan tidak tertutup kemungkinan untuk mengajukan judicial review Perda yang disebutnya “laknatullah” tersebut ke Mahkamah Agung.

“Kepentingan Perda ini jauh lebih dahsyat imbasnya kepada buruh di Jawa Barat karena berlaku tanpa batasan waktu”, tegas Daeng. (Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of