Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
334

Hadapi Pengusaha, PPMI Gelar Pelatihan Advokasi Nasional

Bogor | Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) gelar pelatihan advokasi tingkat nasional di Villa Baladegana, Gunung Geulis, Bogor sejak Jum’at (31/10) malam hingga Minggu (2/11) siang ini.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Dr Eggy Sudjana selaku Dewan Penasehat serikat pekerja bersyariat Islam tersebut. Meskipun Eggy sedang mengikuti Muktamar Partai Persatuan Pembangunan yang digelar di Jakarta, tetapi demi kepentingan buruh dirinya tetap hadir untuk membuka acara dan memberikan semangat, ungkapnya saat menyampaikan pengantar pembukaan acara, Jum’at (31/10).

“Buruh harus cerdas, buruh harus terus menggali informasi untuk kekayaan pengetahuannya”, pesan Eggy di hadapan hampir 100 peserta pelatihan, yang terdiri dari utusan daerah Bogor, Karawang, Purwakarta, Kendari, Samarinda, Surabaya, Jakarta, dan Jambi.

Peserta yang hadir merupakan anggota tim advokasi dari PPMI, yang tugasnya memberikan pendampingan hukum saat pekerja yang menjadi anggota PPMI mengalami sengketa hubungan industrial dengan pengusaha, sejak tingkat perusahaan, Dinas Tenaga Kerja, Pengadilan Hubungan Industrial dan Mahkamah Agung.

Ade Morgana, selaku panitia penyelenggara mengatakan, dirinya mengundang beberapa orang narasumber untuk memberikan bekal bagi para tim advokasi dalam 2 hari kedepan. Menurut catatan Ade, ada juga Surya Tjandra selaku pimpinan Trade Union Right Centre (TURC) yang akan memberikan wawasan ketenagakerjaan, bertajuk “Tantangan Ketenagakerjaan dan Kependudukan”.

Acara yang juga dihadiri oleh Presiden PPMI, Ahmad Fuad Anwar yang selama ini getol menyuarakan penghapusan sistem kerja outsourcing di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, rencananya akan ditutup olehnya pada Minggu (2/11) siang. (Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of