Type to search

Hanif, Menaker Naik Pagar dan Mobil Demonstran

Share

Jakarta | Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan di Kabinet Kerja Jokowi-JK, yang baru dilantik pada tanggal 27 Oktober 2014 lalu itu, memulai aktifitasnya sebagai Menteri dengan melakukan sidak ke Bandara Soekarno Hatta.

Hanif tidaklah begitu asing di kantornya yang baru, yaitu Kementerian Ketenagakerjaan. Dirinya pernah menjadi Staff Khusus pada saat Erman Suparno masih menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja sekisaran tahun 2005.

Kedatangan pertamanya ke Bandara Soetta setelah dilantik sebagai Menteri adalah untuk melihat fasilitas kesehatan dan birokrasi pemberangkatan serta pemulangan TKI. Sebagai anak dari seorang ibu yang pernah menjadi Tenaga Kerja Indonesia, Hanif prihatin dengan kondisi fasilitas kesehatan TKI di Bandara Soetta.

Tak puas hanya sidak di Bandara Soetta, Hanif-pun mulai menyisir tempat penampungan TKI yang diduga illegal di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (5/11) lalu. Dirinya terpaksa menaiki tembok pagar sebuah rumah tempat penampungan, beberapa saat setelah dirinya meminta dibukakan pintu dengan terlebih dahulu menyebutkan identitasnya sebagai Menteri Ketenagakerjaan.

Hanif juga tak malu-malu bahkan terlihat percaya diri, ketika menaiki dan berbicara diatas mobil komando Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Pimpinan Andi Gani Nuwawea, Senin (10/11) kemarin. KSPSI AGN bersama ribuan anggotanya melakukan aksi ke Istana Merdeka, dan diterima oleh Hanif mewakili Presiden Jokowi yang masih berada diluar negeri.

Dalam aksi tersebut, KSPSI AGN menyerahkan 11 petisi kepada Hanif, diantaranya adalah penolakan kenaikan Bahan Bakar Minyak. (Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *