Minggu, 21 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
319

MK Tolak Permintaan Pembentukan PHI di Karawang

Jakarta | Mahkamah Konstitusi, Selasa (11/11) kemarin, menolak permohonan judicial review yang diregister dengan nomor perkara 84/PUU-XII/2014 tanggal 3 September 2014, yang diajukan oleh Agus selaku Advokat sekaligus pekerja pada PT Bukit Muria Jaya yang mewakili karyawan PT Dream Sentosa Indonesia (449 orang).

Mahkamah Konstitusi dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Aswanto, menganggap permohonan Agus tidak beralasan hukum. Karena pembentukan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) dengan menggunakan dasar hukum melalui Keputusan Presiden, bukanlah sebagai bentuk campur tangan Pemerintah.

Sehingga karena Presiden sebagai pemegang kekuasaan Pemerintah dan kekuasaan menjalankan suatu Undang-Undang, maka perintah suatu Undang-Undang adalah sesuatu yang harus dilakukan dan tidak bertentangan dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Agus mempersoalkan konstitusionalitas sepanjang frasa “dengan Keputusan Presiden” dalam ketentuan Pasal 59 ayat (2) Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

Menurut Agus, ketentuan Pasal 59 ayat (2) UU 2/2004, yang berbunyi “Di Kabupaten/Kota terutama yang padat industri, dengan Keputusan Presiden harus segera dibentuk Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri setempat”, kontradiktif dengan ketentuan Pasal 2 ayat (4) Undang-undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, yang mengatur sepanjang keharusan proses peradilan dilakukan dengan sederhana, cepat dan biaya ringan.

Atas pengaturan keberadaan Pengadilan Hubungan Industrial melalui Keputusan Presiden yang hanya dibentuk di ibukota provinsi saja, membuat Agus tidak mendapatkan proses peradilan dengan biaya murah. Karena dirinya yang bertempat tinggal di Klari, Kabupaten Karawang, harus memenuhi panggilan sidang Pengadilan Hubungan Industrial yang berada di Bandung, dengan radius lebih dari 100 km. (Hz)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of