Kamis, 21 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
521

Anak Buah Kapal Usulkan Raperda Perlindungan TKI ke Bupati Tegal

Tegal | Kerap diabaikan oleh Pemerintah, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari sektor Anak Buah Kapal (ABK) serahkan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke Bupati Tegal, Enthus Susmono di Kantor Dinas Bupati, Jum’at (19/12) kemarin.

Imam Syafi’i selaku perwakilan dari ABK yang tergabung dalam Forum Solidaritas Pekerja Indonesia Luar Negeri (FSPILN) menyatakan, latar belakang pembuatan Raperda Perlindungan TKI ini karena masih lemahnya aspek perlindungan TKI, seperti masih ditemukannya kasus seperti penyiksaan, pembunuhan, hak/gaji TKI tidak dibayarkan majikan, dan sebagainya. Fakta itu menunjukkan lemahnya perlindungan pemerintah terhadap TKI.

Masih dalam nuansa peringatan hari buruh migran sedunia tersebut, FSPILN berharap Bupati Tegal dapat membantu setiap permasalahan Tenaga Kerja Indonesia dari sektor Anak Buah Kapal, khususnya masyarakat Kabupaten Tegal.

Dalam kesempatan tersebut, Enthus menerima NA Raperda Perlindungan TKI dan berjanji akan membantu TKI ABK Tegal. “Saya terima NA ini, dan secepatnya akan kami bahas bersama pemerintah daerah,” ujar Enthus yang juga dalang kondang.

Sementara itu ditemoat yang sama, Direktur Eksekutif Pustara, Imam Ghazali mengatakan, NA yang kami susun diharapkan agar pemerintah daerah Tegal bisa maksimal melindungi warganya yang menjadi TKI. “Harapan kami, NA Ranperda Perlindungan TKI bisa memberi masukan Pemda agar maksimal melindungi warganya yang menjadi TKI ABK,” ujar pengajar Hukum Pidana Universitas Nasional, Jakarta itu. (Tk)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of