Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
25

Beda Hakim, Pendapat Hukum dan Putusan MA Berbeda

Jakarta | Majelis Hakim Mahkamah Agung dalam Putusan Nomor 69 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 29 April 2014, yang diketuai oleh H. Mahdi Soroinda Nasution, S.H., M.Hum., Bernard, S.H., M.M., dan Arsyad, S.H., M.H., memberikan pendapat hukum yang berbeda dengan Putusan Mahkamah Nomor 269 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 6 Agustus 2014.

Dalam putusan Nomor 69 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 29 April 2014 mengenai perkara perselisihan hubungan industrial antara Khairul dan Hanafi melawan CV Sumber Kayu Mas, Mahkamah Agung tidak sependapat dengan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Gresik Nomor 8/G/2013/PHI.Gs tanggal 16 Oktober 2013, yang menolak gugatan Khairul dan Hanafi.

Mahkamah Agung menilai, panggilan untuk bekerja yang dilakukan oleh perusahaan yang berada di Jl. Veterantama Utara No. 7-8, Gresik itu, kepada Khairul dan Hanafi tidak sah, karena disampaikan sudah dalam tahapan proses penyelesaian perselisihan di tingkat mediasi. Sehingga pemutusan hubungan kerja berakibat pada kewajiban perusahaan untuk membayar uang pesangon.

Sedangkan, pendapat hukum Mahkamah Agung dalam perkara Faturrohma melawan PT Mahakam Kencana Intan Padi (Putusan Nomor 269 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 6 Agustus 2014, dengan susunan Majelis Hakim Agung yaitu H Djafni Djamal, SH., MH., Bernard, SH., MM., dan Buyung Marizal, SH., MH.), yang menyatakan panggilan bekerja dalam proses mediasi sah dan wajib dipenuhi pekerja. Sehingga, mengakibatkan pekerja dikualifikasikan mengundurkan diri dan tidak berhak atas uang pesangon.

Akan tetapi, dalam pendapat hukum pada Putusan Nomor 75 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 27 Maret 2014 (dengan susunan Majelis Hakim Agung yaitu Dr H Supadi, SH., MH., Dr Horadin Saragih, SH., MH., dan Dr Fauzan SH., MH.), Mahkamah Agung menolak dan tidak sependapat dengan bukti-bukti yang diajukan CV Harapan Jaya Utama, yang telah melakukan pemanggilan setelah tahapan proses mediasi selesai terhadap Aneulis. (Hz)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of