Type to search

Berkelahi di-Area Perusahaan Dapat Berujung PHK

Share

Medan | Musa Henri Gultom terpaksa melaporkan atasannya Wilodu Pane ke kantor Polsek Tanjung Morawa, Deli Serdang-Medan, 9 Oktober 2012 lalu. Laporan Musa terkait dengan perkelahiannya tanggal 7 Oktober 2012 di area PT Delta Pack Medan.

Atas adanya perkelahian tersebut, Musa yang dalam Laporan Polisi Nomor STPL/452/X/2012/SPK berstatus sebagai Pelapor/Korban, justru diputuskan hubungan kerjanya oleh perusahaan tempatnya bekerja terhitung sejak tanggal 8 Oktober 2012.

Musa keberatan atas pemutusan hubungan kerja yang dilakukan pengusaha terhadap dirinya, karena belum ada suatu putusan pengadilan yang menyatakan tindakan tersebut merupakan sebuah tindak pidana yang dapat mengakibatkan pengakhiran hubungan kerja.

Karena merasa diperlakukan sewenang-wenang, Musa mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan, dengan tuntutan pembayaran kompensasi pesangon sebesar Rp.21,7 juta.

Atas gugatan Musa, PHI Medan menerbitkan putusan Nomor 01/2013/PHI.Mdn., tanggal 20 Maret 2013, yang menyatakan pemutusan hubungan kerja terhadap Musa harus disertai dengan pemberian pesangon sebesar Rp.24 juta.

Perusahaan yang berlokasi di Jl. Pelita II No. 28, Kim Star, Tanjung Morawa, Deli Serdang itu, keberatan terhadap putusan PHI Medan, dan mengajukan permohonan kasasi ke Makamah Agung pada tanggal 3 April 2013, sebagaimana ternyata dari Akta Permohonan Kasasi Nomor 15/Kas/2013/PHI.Mdn. Jo. Nomor 01/G/2013/PHI.Mdn., yang disertai dengan memori kasasi tanggal 16 April 2013.

Perkelahian yang dilakukan Musa Henri Gultom dengan Wilodu Pane merupakan pelanggaran Peraturan Perusahaan Pasal 26 ayat (1) huruf b dan huruf f, serta Pasal 31 ayat (2) huruf a, yang tidak perlu pembuktian lanjutan, karena jelas-jelas telah terjadi perkelahian.

Namun Mahkamah Agung tidak sependapat dengan alasan kasasi perusahaan, dalam putusannya Nomor 415 K/Pdt.Sus-PHI/2013 tanggal 16 April 2014, Majelis Hakim Kasasi yang diketuai oleh H Mahdi Soroinda Nasution, SH, MH, menolak permohonan kasasi PT Delta Pack Medan. (Tk)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *