Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
50

Federasi Serikat Pekerja Tak Dapat Bela Anggota Perseorangan

 

Kupang | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Kupang, menyatakan gugatan Marthen Edison Dimu terhadap PT Sarana Agra Gemilang tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard).

Dipertimbangan hukumnya, PHI Kupang dalam Putusan Nomor 22/G/2013/PHI/ PN.KPG, tanggal 16 Desember 2013, menerima eksepsi PT Sarana Agra Gemilang yang keberatan atas legal standing (kedudukan hukum) Dewan Pengurus Cabang Kupang Federasi Konstruksi Umum dan Informal Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FKUI – SBSI Kabupaten Kupang dan Kota Kupang).

Menurut perusahaan yang berada di Jalan Yos Sudarso Kel. Alak Kota Kupang, FKUI SBSI tidak pernah memberitahukan secara tertulis keberadaannya pada perusahaan, sehingga gugatan Marthen Edison Dimu yang diwakili oleh FKUI SBSI tidak berdasarkan hukum.

Atas putusan PHI Kupang, Marthen yang tetap dengan perantaraan kuasa FKUI SBSI, mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung pada tanggal 30 Desember 2013, sebagaimana ternyata dari Akta Permohonan Kasasi Nomor 22/Kas/G/2013/PHI/PN.KPG., yang diikuti dengan memori kasasi tanggal 8 Januari 2014.

Dalam memori kasasinya, Marthen berdalih merupakan anggota dari FKUI SBSI berdasarkan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dimilikinya. Sehingga, FKUI SBSI beranggapan mempunyai hak untuk mewakili Marthen dalam kedudukannya sebagai Penggugat.

Akan tetapi, Mahkamah Agung tidak sependapat dengan Marthen dan FKUI SBSI. Dalam putusannya Nomor 145 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 6 Mei 2014, berpendapat bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 1 angka (2) juncto Pasal 5 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000,pada hakekatnya keanggotaan Marthen Edison Dimu sebagai pekerja/buruh perseorangan dalam suatu serikat pekerja di tingkat perusahaan.

Mahkamah Agung menilai keanggotaan “langsung” Marthen Edison Dimu pada FKUI SBSI cabang Kabupaten dan Kota Kupang yang merupakan suatu federasi serikat pekerja yang tidak dapat dibenarkan, karena keanggotaan suatu federasi serikat pekerja adalah serikat pekerja, bukan pekerja/buruh perorangan. Sehingga FKUI SBSI tidak berwenang mewakili Marthen untuk mengajukan gugatan di Pengadilan Hubungan Industrial. (Ys)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of