Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
507

Kurang Pihak, Gugatan Tidak Dapat Diterima

Bangka Belitung | Seharusnya gugatan Nordin atas pemutusan hubungan kerja yang dialaminya, dapat dikabulkan oleh Mahkamah Agung. Namun, disebabkan Nordin hanya menggugat CV Ramatio Mitra Selaras, akhirnya gugatan Nordin dinyatakan tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard).

Dalam pertimbangan hukum Majelis Hakim Kasasi dalam putusan Mahkamah Agung Nomor 232 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 28 Mei 2014, CV Ramatio Mitra Selaras tidak memiliki izin usaha penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing) dari instansi yang bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan.

Sehingga menurut Mahkamah Agung, hubungan kerja antara Nordin beralih demi hukum dari CV Ramatio Mitra Selaras menjadi dengan PT BFI Finance Indonesia. Akan tetapi, Nordin tidak menarik PT BFI Finance Indonesia sebagai pihak yang turut menjadi Tergugat, yang oleh karenanya gugatan Nordin menjadi kurang pihak (plurium litis consortium).

Nordin bekerja di CV Ramatio Mitra Selaras, yang beralamat kantor di Jalan Bawal Nomor 115, Kelurahan Ampui, Kecamatan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, sebagai tenaga pengamanan (security) di PT BFI Finance Indonesia Cabang Pangkal Pinang, terhitung sejak tanggal 1 Mei 2007.

Namun pada tanggal 31 Oktober 2012, Nordin diakhiri hubungan kerjanya karena masa perjanjian kerja kontraknya telah berakhir, dan hanya diberikan upah bulan terakhir sebesar Rp.1,5 juta.

Merasa diperlakukan sewenang-wenang, Nordin menggugat CV Ramatio Mitra Selaras ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Pangkal Pinang, dengan tuntutan pembayaran kompensasi uang pesangon sebesar Rp.44 juta.

Akan tetapi, Nordin  hanya menggugat CV Ramatio Mitra Selaras selaku perusahaan penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing). Sedangkan, PT BFI Finance Indonesia selaku perusahaan pemberi kerja, tidak turut digugat oleh Nordin.

Atas gugatan Nordin, PHI Pangkal Pinang dalam putusannya Nomor 01/G/2014/PHI.PN.Pkp, tanggal 4 Maret 2014, menerima dalil tangkisan (eksepsi) yang disampaikan oleh CV Ramatio Mitra Selaras, dengan amar putusan menyatakan gugatan Nordin tidak dapat diterima. (Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of