Minggu, 21 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
3

Lagi, Gugatan PHK Tanpa Tuntutan PHK Dapat Berakibat Gugatan Tidak Diterima

Surabaya | Setelah Moch. Agus dan Muslih yang gugatannya dinyatakan tidak dapat diterima oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya dan PHI Serang. Kini, Gugatan Pairin, dkk (15 orang), dinyatakan tidak dapat diterima oleh PHI Surabaya.

PHI Surabaya dalam putusannya Nomor 101/G/2013/ PHI.Sby., tanggal 5 Februari 2014 menilai, bahwa gugatan Pairin dkk ternyata tidak disertai dengan tuntutan pernyataan putus hubungan kerja. Akan tetapi, Pairin dkk meminta PHI Surabaya untuk menghukum PT Tanjung Mahligai Abadi membayar uang pesangon sebesar Rp.743,7 juta.

Tak terima dengan putusan PHI Surabaya, Pairin, dkk mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung dengan memori kasasi tanggal 4 Maret 2014. Namun Mahkamah Agung sependapat dengan PHI Surabaya, yang berpendapat bahwa dalam posita gugatan tidak dinyatakan adanya pengakhiran hubungan kerja, namun Pairin langsung memohon hak-hak uang pesangon, sehingga gugatan Pairin, dkk menjadi tidak jelas dan kabur (obscuur libel).

Atas pertimbangan tersebut, Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi dari Pairin, dkk (15 orang), sebagaimana tersebut dalam putusan Nomor 284 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 17 Juli 2014.

Kehatian-hatian dalam merumuskan gugatan menjadi teramat penting bagi pekerja. Dalam gugatan terdapat uraian tentang kejadian atau peristiwa (factual grounds) yang dikenal dengan sebutan posita atau juga umum disebut sebagai fundamentum petendi, dan uraian tentang hukum (legal grounds), yang akan menjadi dasar sebuah atau beberapa petitum (tuntutan), diantaranya dapat menjadi tuntutan primer (primary clain) sebagai tuntutan pokok dan tuntutan subsider (subsidiary clain) sebagai tuntutan pengganti.

Kekeliruan atau tidak ada kaitannya antara posita dengan petitum, dapat mengakibatkan gugatan dinyatakan tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard). Sehingga, si-penggugat dapat mengajukan gugatan ulang atau juga dapat mengajukan permohonan kasasi. (Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of