Senin, 16 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
276

Perusahaan Pemberi Kerja Tidak Turut Digugat, Gugatan Kurang Pihak

Palembang | Gugatan Mujiono dan Edy Nelson kurang pihak, karena tidak menjadikan PT Indosat selaku pihak pengguna tenaga kerja (perusahaan pemberi pekerjaan) tidak turut digugat, demikian pertimbangan hukum Majelis Hakim Kasasi pada Mahkamah Agung dalam putusannya Nomor 382 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 7 Agustus 2014.

Sehingga Mahkamah Agung menilai, gugatan kedua pekerja yang ditempatkan terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2007 oleh PT Persada di PT Indosat tersebut, tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard).

Awal mulanya, Mujiono dan Edy Nelson diperjanjikan dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu sebanyak lebih dari 10 kali perpanjangan, dengan upah sebesar Rp.1,6 juta sebulan. Kemudian pada tanggal 1 Oktober 2013, PT Persada memberitahukan kepada keduanya, bahwa hubungan kerja keduanya telah berakhir sesuai dengan perjanjian kontrak kerja.

Tak terima dengan pengakhiran hubungan kerja tersebut, Mujiono dan Edy Nelson menggugat PT Persada yang merupakan perusahaan penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing) ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Palembang.

PT Persada digugat sebesar Rp.53 juta, sebagai kompensasi pengganti dari pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT Persada. Namun, PT Persada mengajukan keberatan atas gugatan yang hanya diajukan kepadanya, dan tidak turut menggugat PT Indosat selaku perusahaan pengguna tenaga kerja dan pemberi pekerjaan.

Dalil keberatan PT Persada dikabulkan oleh Majelis Hakim PHI Palembang, dalam putusannya Nomor 20/PHI/G/2013/PN.Plg tanggal 14 April 2014, gugatan Mujiono dan Edy Nelson dinyatakan tidak dapat diterima. (Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of