Rabu, 13 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
606

Tanpa Risalah Bipartit dan Mediasi, Mestinya Surat Gugatan Dikembalikan

Kupang | Mahkamah Agung dalam putusannya Nomor 148 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 23 Mei 2014, memperkuat Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Kupang Nomor 20/G/2013/PHI/PN.KPG tanggal 16 Desember 2013.

PHI Kupang menyatakan gugatan Frans Nino melalui Dewan Pengurus Cabang Federasi Konstruksi Umum dan Informal Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (DPC FKUI SBSI) Kabupaten dan Kota Kupang, tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard).

Gugatan Frans Nino, selain dianggap oleh PHI Kupang diajukan oleh DPC FKUI SBSI Kupang yang tidak mempunyai kepengurusan serikat pekerja di PT Sarana Agra Gemilang, juga karena gugatan yang didaftarkan ke PHI Kupang tanpa risalah bipartit dan mediasi dari Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja.

PHI Kupang menerima kedua eksepsi yang diajukan oleh perusahaan yang beranak cabang di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Alak Kota Kupang tersebut.

Namun, Frans Nino melalui kuasanya Ayub Tib Sos., keberatan dengan Putusan PHI Kupang yang tidak menerima gugatannya karena alasan tanpa disertai dengan risalah bipartit dan mediasinya. Mestinya menurut Atib, PHI Kupang mengembalikan berkas gugatannya jika tidak lengkap syarat-syarat pengajuannya.

Dalam ketentuan Pasal 84 ayat (1) Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industril, dinyatakan, “Pengajuan gugatan yang tidak dilampiri risalah penyelesaian melalui mediasi atau konsiliasi, maka hakim Pengadilan Hubungan Industrial wajib mengembalikan gugatan kepada penggugat”.

Atas dasar ketentuan tersebut, maka seharusnya PHI Kupang dan Mahkamah Agung mengembalikan berkas gugatan Frans Nino, karena tidak dilengkapi dengan risalah bipartit dan mediasi dari Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja, demikian tertulis dalam alasan memori kasasi Frans yang disampaikan ke Mahkamah Agung pada tanggal 8 Januari 2014. (Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of