Type to search

Akibat Mengunggah Foto Ruang Produksi ke Facebook, MA Putus PHK

Share

Tangerang | Haryanto diputuskan hubungan kerjanya oleh PT Central Sarana Pancing, terhitung sejak bulan Oktober 2012, karena telah mengunggah foto ruang produksi ke media sosial ternama, facebook.

PT Central Sarana Pancing mendalilkan, bahwa Haryanto telah melakukan kesalahan berat karena membuka rahasia perusahaan, yaitu menyebarkan foto (gambar) ruang produksi di facebook tanpa ijin perusahaan.

Sehingga, perusahaan yang berlokasi di Jl. Raya Serang, Km. 12, Nomor 88, Cikupa, Tangerang itu, memutuskan hubungan kerja Haryanto sesuai ketentuan Pasal 158 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Atas tindakan Haryanto tersebut, Mahkamah Agung dalam putusannya Nomor 408 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 16 September 2014, membenarkan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT Central Sarana Pancing.

Selain itu, Mahkamah Agung terlebih dahulu membatalkan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Serang Nomor 14/PHI.G/2013/PN.Srg tanggal 12 November 2013, yang memerintahkan PT Central Sarana Pancing untuk mempekerjakan kembali Haryanto.

PHI Serang berpendapat, bahwa PT Central Sarana Pancing belum mengatur dalam Peraturan Perusahaannya, mengenai tindakan menyebar-luaskan foto/gambar ruang-ruang produksi atau area perusahaan merupakan sebagai suatu kesalahan. Sehingga, dengan tidak diaturnya hal tersebut, tidak serta merta dapat menjadi alasan pemutusan hubungan kerja. (Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *