Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
286

Enam Bulan Tak Digaji, Buruh Sumatex Gelar Demo

Medan | Perusahaan textile, PT Sumatera Textile Works atau Sumatex, hingga kini belum membayarkan upah pekerjanya sekitar 150 orang, sejak 6 (enam) bulan lalu. Awalnya perusahaan merumahkan pekerjanya tersebut, dan menjanjikan akan membayar upah seperti biasa.

Namun, perusahaan yang berada di Jalan Yos Sudarso Km 8, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli tersebut, kabarnya akan diajukan pailit. Sehingga, para buruh melakukan aksi demo, Senin (26/1) kemarin.

Menurut Ketua Pengurus Serikat Buruh Sejahtera Indonesia 1992, Tombus Sihombing didampingi Sekretaris Khairani Agustina di sela-sela menyampaikan tuntutan mereka kepada management Sumatex mengatakan, mereka sudah berkali-kali unjuk rasa di depan pabrik tapi tidak mendapatkan tanggapan dari manajemen perusahaan.

“Jumat pekan lalu kami dijanjikan untuk diselesaikan semua tuntutan, tetapi hingga kini tidak jelas realisasinya”, ungkap Sihombing.

Selain itu, perusahaan juga hingga kini masih memberikan upah dibawah upah minimum yang berlaku. “Berkali-kali kami usulkan supaya dibayar sesuai Upah Minimum Kota (UMK), namun tidak pernah ditanggapi manajemen PT Sumatex”, tambah Sihombing.

Pihaknya juga telah melaporkan tindakan perusahaan PT Sumatex ke Dinas Tenaga Kerja Kota Medan, tetapi hasilnya nihil. (Is)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of