Type to search

Gugatan Pembayaran Jaminan Hari Tua Selama 29 Tahun, Dikabulkan

Share

Pematang Siantar | Tidak diikutsertakan dalam program Jaminan Hari Tua Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JHT-Jamsostek), sejak bekerja selama lebih dari 29 tahun lalu, Rubhiani Tarigan, dkk (3 orang) mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan, dengan tuntutan pembayaran Jaminan Hari Tua sebesar 3,7% dari upah sebesar 348 bulan atau 29 tahun.

Rubhiani mengaggap Yayasan Perguruan Pelita, yang berkedudukan di Jalan Melanthon Siregar Nomor 155, Pematang Siantar itu, telah melakukan perbuatan yang melanggar ketentuan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Sehingga, tuntutan atas pembayaran JHT Jamsostek sebesar 348 bulan yang dimohonkan oleh Rubhiani, dkk dikabulkan oleh PHI Medan.

Dalam amar Putusan Nomor 131/G/2011/ PHI.Mdn., tanggal 31 Mei 2012, PHI Medan menghukum Yayasan Perguruan Pelita untuk membayar JHT Jamsostek kepada Rubhiani Tarigan sebesar Rp.13,3 juta, Rovina Gurning sebesar Rp.11 juta, dan Elina Panjaitan sebesar Rp.3,6 juta.

Atas Putusan PHI Medan, Yayasan Perguruan Pelita mengajukan permohonan kasasi yang diregister oleh Mahkamah Agung Nomor 648 K/Pdt.Sus-PHI/2012, dan permohonan peninjauan kembali yang diregister oleh Mahkamah Agung Nomor 146 K/Pdt.Sus-PHI/2013 tanggal 28 Mei 2014.

Namun, permohonan kasasi dan permohonan peninjauan kembali yang diajukan oleh Yayasan Perguruan Pelita, ditolak seluruhnya oleh Mahkamah Agung. Sehingga, Rubhiani Tarigan, Rovina Gurning dan Elina Panjaitan berhak atas pembayaran JHT Jamsostek dari Yayasan Perguruan Pelita. (Tk)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *