Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
200

Jelang Prolegnas: Amelia Dorong Perbaikan Perlindungan Buruh

Jakarta | Belum banyak dari kalangan kaum buruh yang mengenal Amelia Anggraini, yang sekarang menjabat sebagai Anggota Komisi IX, Bidang Ketenagakerjaan pada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Periode 2014-2019, dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah VII, Nomor Urut 1.

Ibu dari 4 (empat) anak bersuamikan Sugeng Suparwoto ini, lahir di Bengkulu, pada tanggal 29 Agustus 1971. Sebelum menjadi anggota DPR, Amelia menjabat Bendahara Umum Gerakan Massa Buruh (Gemuruh) Partai Nasdem tahun 2012. Sehingga sedikit banyak, wanita yang pernah belajar di Universitas Kebangsaan Malaysia ini, berusaha memahami peliknya sengketa yang dihadapi kaum buruh saat berhadapan dengan pengusaha.

Memang belumlah banyak hal yang telah dilakukannya demi kesejahteraan kaum buruh, tapi komitmennya telah ia tunjukkan dengan cara-cara membantu persoalan penyelesaian sengketa buruh Krakatau Steel, yang berencana memutuskan hubungan kerja 700-an karyawannya, bahkan juga tak segan-segan menerima perwakilan buruh lokal yang mengadukan nasib hubungan kerjanya yang tak kunjung diselesaikan oleh pengusaha.

Selain itu, ia juga berkomitmen dalam penyelenggaaraan jaminan sosial nasional yang dimotori Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dengan membentuk Panitia Kerja (Panja) BPJS dalam rangka mengevaluasi serta pembenahan internal dan pelayanan BPJS itu sendiri kepada masyarakat, khususnya kaum buruh.

Amelia juga turut serta dalam membenahi kebijakan Pemerintah, terkait Tenaga Kerja Indonesia (TKI) khususnya Anak Buah Kapal (ABK), dengan mendorong Undang-undang perbaikan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke Program Legislasi Nasional (Prolegnas) yang rencananya akan dibahas bersama Badan Legislasi (Baleg) DPR bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham), hari ini, Kamis (29/1), Pukul 13.00 Wib di Gedung DPR, Senayan. (Hz)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of