Minggu, 15 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
364

MA Nyatakan PHK Dihitung Sejak Terbitnya Anjuran Mediator

Medan | Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh PT Makmur Bintang Plasindo terhadap Marihot Juliandi Sitorus, dinyatakan oleh Mahkamah Agung terhitung sejak Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Deli Serdang, yaitu bulan Januari 2013.

Putusan Mahkamah Agung Nomor 294 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 7 Agustus 2014 tersebut, menganulir Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Medan Nomor 35/G/2013/PHI.Mdn tanggal 10 Oktober 2013, yang menetapkan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh PT Makmur terhadap Marihot terhitung sejak putusan PHI dibacakan.

Akibatnya, Mahkamah Agung hanya menetapkan upah selama Marihot tidak tidak dipekerjakan, hanya sebesar 3 (tiga) bulan upah, yang membatalkan Putusan PHI Medan dengan penetapan pemberian upah selama tidak dipekerjakan sebesar 6 (enam) bulan upah.

Permasalahan awalnya, Marihot yang baru bekerja selama 6 (enam) bulan dengan upah Rp.3 juta perbulan, diputuskan hubungan kerjanya terhitung sejak tanggal 22 Oktober 2012 oleh perusahaan yang berlokasi di Jl. Bunaken A9 Kim III Mabar itu, dengan alasan telah mendapatkan surat peringatan. Namun, pemutusan hubungan kerja tersebut, ditolak oleh Marihot, yang menganggap perusahaan hanya mencari alibi untuk tidak lagi memberikan hak-hak normatif.

Oleh karena hal tersebut, Marihot melapor ke Disnakertrans Deli Serdang dan dianjurkan pada tanggal 8 Januari 2013 untuk membayar pesangon. Namun karena tidak ada niat perusahaan untuk menjalankan anjuran, maka Marihot menggugat PT Makmur Bintang Plasindo ke PHI Medan dengan tuntutan pembayaran uang pesangon 2 (dua) kali ketentuan dan upah selama tidak dipekerjakan selama 6 (enam) bulan, dengan jumlah keseluruhan sebesar Rp.27 juta.

Atas gugatan Marihot, PHI Medan mengabulkan sebagian gugatan Marihot, dan menyatakan putus hubungan kerja terhitung sejak putusan PHI Medan dibacakan tanggal 10 Oktober 2013. (Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of