Sabtu, 23 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
335

Pabrik Jok Mobil Laksanakan Eksekusi Putusan Kerja Kembali

Bekasi | Hari ini, Senin (5/1), atas Perintah Ketua Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, PT Karya Bahana Unigam mempekerjakan kembali Febi Heriyanto, dkk (10) orang, setelah diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak sejak 21 Desember 2012 lalu.

Febi Heriyanto, Herman, Indra, Jaelani, Ridwan, Saipudin, Yohanes, Andri Kurniawan, Afit Susanto, dan Mastur di-PHK lantaran melakukan mogok kerja tidak sah sejak tanggal 7 Desember 2012, seperti yang dituturkan Lilis Suryani selaku Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, dan dituangkan dalam Anjuran Tertulis Nomor 567/2586/Hi-Syaker/X/2013 tanggal 9 Oktober 2013.

Namun, oleh karena perusahaan yang berada di Jl. Karya Logam, Kp. Legon, Jatimulya, Tambun Selatan, Bekasi tersebut hanya 1 (satu) kali memberikan panggilan bekerja, maka PHI Bandung menyatakan hubungan kerja kedua belah pihak masih dapat dipertahankan, dan wajib dipekerjakan kembali, serta membayar upah selama tidak mempekerjakan sebesar Rp.120 juta.

Selain itu, PHI Bandung dalam amar Putusannya Nomor 06/G/2014/PHI/PN.Bdg tanggal 26 Februari 2014 jo. 06/PLW/G/2014/PHI/PN.Bdg tanggal 7 Juli 2014, juga menyatakan status hubungan kerja Febi, dkk yang semula pekerja kontrak (perjanjian kerja waktu tertentu) menjadi pekerja tetap, dengan masa kerja terhitung sejak dibuatnya perjanjian kontrak pertama.

Pelaksanaan Putusan PHI Bandung yang dilaksanakan pabrik jok mobil tersebut, dituangkan dalam Perjanjian Bersama yang ditandatangani di Jakarta, Selasa (23/12) oleh Irawan Soetanto selaku Kuasa Hukum perusahaan, dan Muhammad Hafidz selaku Kuasa Hukum pekerja.

“Perusahaan bersedia menjalankan putusan Pengadilan untuk mempekerjakan kembali Febi dan kawan-kawan dengan status karyawan tetap mulai tanggal 5 Januari nanti”, ungkap Irawan kepada buruhonline.com. (Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of