Jumat, 20 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
21

Perusahaan Dihukum Bayar Kekurangan Pesangon Karena Meninggal

Pati | PT Kebon Agung PG Trangkil dihukum oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Semarang, untuk membayar kekurangan santunan kematian, kekurangan uang pesangon, premi Jaminan Hari Tua dan THR Tahun 2011, yang seluruhnya berjumlah lebih dari Rp.17,5 juta, kepada Sainah selaku istri sekaligus ahli waris dari Almarhum Joyo Sudadi.

Joyo Sudadi meninggal dunia pada tanggal 9 November 2011, lantaran mengalami kecelakaan saat pulang dari tempat kerja menuju rumahnya. Namun, pada tanggal 15 Desember 2011, perusahaan yang berkedudukan di Desa Trangkil, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati tersebut, hanya memberikan santunan kematian sebesar Rp.10 juta dan uang pesangon sebesar Rp.12 juta.

Atas hal tersebut, Sainah mengajukan keberatan dan menggugat perusahaan yang bergerak di bidang Pertanian, Perkebunan dan Produksi Gula Pasir itu, ke PHI Semarang. Dalam putusannya Nomor 40/G/2013/PHI.Smg tanggal 20 Maret 2014, PHI Semarang mengabulkan gugatan Sainah, meskipun perusahaan mendalilkan hubungan kerja Almarhum Joyo Sudadi adalah sebagai pekerja harian lepas sejak bulan Juni 2002.

Senada dengan PHI Semarang, Mahkamah Agung dalam putusannya Nomor 431 K/Pdt.sus-PHI/2014 tanggal 9 September 2014, memberikan pertimbangan, bahwa antara Almarhum Jaya Sudadi dengan perusahaan mempunyai hubungan kerja tetap (Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu), karena perusahaan tidak dapat membuktikan Almarhum Jaya Sudadi bekerja kurang dari 21 (dua puluh satu) hari perbulan, dan tidak dapat membuktikan daftar pekerja harian lepas sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 10 dan Pasal 14 Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 100/Men/VI/2004. 

Atas pertimbangan tersebut, Mahkamah Agung menyimpulkan, bahwa penetapan PHI Semarang atas hak-hak yang harus diterima oleh ahli waris Almarhum Joyo Sudadi telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga permohonan kasasi PT Kebon Agung PG Trangkil ditolak. (Tk)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of