Kamis, 14 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
44

Pesangon Ditransfer Via Rekening, MA Batalkan Putusan PHI

Jakarta | PT APL Indonesia keberatan dengan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Nomor 120/PHI/G/2013/PN.Jkt.Pst tanggal 23 Desember 2013, yang mewajibkan dirinya untuk tetap membayar uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), dan uang penghargaan masa kerja serta uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (3) dan ayat (4) UU 13/2003, ditambah uang kompensasi sebesar 4 (empat) bulan upah, kepada Paulus Pujianto, dkk (5 orang).

Dalam memori kasasinya tanggal 26 Februari 2014, perusahaan yang beralamat di Masterpiece Building, Jalan Tanah Abang IV, Nomor 23-25, Jakarta Pusat tersebut, telah membayar secara tunai kepada Paulus, dkk sesuai dengan amar Anjuran Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotamadya Jakarta Pusat.

Melalui transfer ke rekening BCA atas nama masing-masing kelima pekerja, Paulus Pujianto, dkk, perusahaan berdalih telah melaksanakan kewajibannya. Sehingga, perusahaan meminta kepada Mahkamah Agung untuk membatalkan Putusan PHI Jakarta Pusat.

Mahkamah Agung dalam pertimbangan hukumnya, menyatakan pemberian konpensasai kepada Paulus, dkk karena pemutusan hubungan kerja dengan alasan efisiensi telah tepat dan sesuai UU 13/2003. Dan telah pula terbukti, bahwa perusahaan telah membayar secara penuh beserta uang kompensasi (goodwill) melalui rekening bank masing-masing secara utuh dan tidak dikembalikan.

Oleh karenanya, berdasarkan Putusan Nomor 372 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 7 Agustus 2014, Mahkamah Agung membatalkan Putusan PHI Jakarta Pusat, dan dalam amarnya menolak gugatan Paulus Pujianto, dkk (5 orang). (Hz)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of