Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
8

PHK Kesalahan Berat Tanpa Putusan Pidana, Harus Bayar Pesangon

Probolinggo | Niat PT International Power Mitsui Operations and Maintenance Indonesia (IPMOMI), untuk memutuskan hubungan kerja dengan Tohap Sinaga tanpa kompensasi apapun, termasuk uang pesangon, ditolak oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya.

Dalam putusannya Nomor 13/G/2014/PHI.Sby tanggal 30 Juni 2014, PHI Surabaya menghukum PT IPMOMI yang berkedudukan di Jalan Surabaya – Situbondo, Km. 141, Paiton, Kabupaten Probolinggo tersebut, untuk membayar hak-hak Tohap Sinaga berupa uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seluruhnya berjumlah sebesar Rp.168,4 juta.

Tohap diputuskan hubungan kerjanya oleh PT IPMOMI, dengan alasan melakukan kesalahan berat, yaitu mengelabui perusahaan atas adanya tagihan upah lembur, padahal dirinya tidak pernah bekerja lembur. Sehingga perusahaan mengkualifikasikan tindakan Tohap Sinaga melanggar Pasal 20 dan Pasal 85 Perjanjian Kerja Bersama, tanpa pemberian kompensasi apapun.

Namun oleh karena, pemutusan hubungan kerja dengan alasan kesalahan berat seperti dimaksud dalam Pasal 158 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang dilakukan perusahaan ternyata belum ada putusan pengadilan pidana seperti yang dimaksud Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 12/PUU-I/2003, yang menyatakan Tohap Sinaga bersalah. Oleh karenanya, bukan hanya PHI Surabaya yang menolak gugatan PT IPMOMI yang tidak bersedia memberikan pesangon, tetapi juga Mahkamah Agung.

Mahkamah Agung dalam putusannya Nomor 624 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 27 November 2014, berpendapat meskipun tindakan Tohap Sinaga merupakan kesalahan berat, akan tetapi putusan PHI Surabaya tidak salah dalam menerapkan hukum, sehingga terhadap Tohap Sinaga berhak atas 1 (satu) kali uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (2), ayat (3) dan ayat (4) UU Ketenagakerjaan. (Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of