Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
609

Ribuan Buruh Minyak di AS Mogok Kerja

 

Inilahcom, Texas | Aksi mogok massal yang dilakukan para buruh minyak bakal melebar hingga 15 pengilangan minyak di seluruh Amerika Serikat.

Los Angeles Times mengabarkan Rabu (25/2/2015), aksi mogok yang dipicu awal Februari itu, kini makin merebak dan mencakup hampir 10 ribu buruh. Sejak Sabtu (21/2/2015) lalu, serikat buruh minyak USW meminta agar anggotanya menghentikan seluruh kegiatan. Termasuk di Motiva Enterprises di Port Arthur, Texas, pengilangan minyak terbesar di AS yang mampu memproduksi 600 ribu barel per hari. Juga pabrik kimia milik Shell di Louisiana.

Sementara itu, aksi walkout juga terjadi di 9 pengilangan lain, termasuk di fasilitas Carson milik Tesoro Corp. Demikian pula di pengilangan minyak British Petroleum di Whiting, Indiana dan Toledo, Ohio.

Serikat buruh USW menolak tujuh tawaran Sell, negosiator para pengusaha minyak. Kami setuju menyepakati perjanjian dua pihak. Tapi soal karyawan di bagian administrasi, kompensasi untuk pekerja yang terlalu capek dan isu penting lainnya harus diselesaikan dong, kata Tom Conway, Wakil Presiden USW.

Sebaliknya Keith Casey, wakil presiden pengilangan Tesoro membantah kedua pihak menemui jalan buntu soal kompensasi. “Tidak ada di meja perundingan. Yang ada justru adu pendapat soal penggantian kontraktor khusus dengan buruh USW. Tesoro menggunakan kontraktor untuk proyek-proyek khusus untuk meningkatkan kinerja dan staf perawatan,” kata Casey. (*/Didi Prambadi)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of