Selasa, 16 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
0

Tak Ajukan Kasasi Langsung PK, MA Anggap Kontrak Lois Sah

Bekasi | Permohonan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Tri Astuti Ningsih, dkk (93 orang) atas Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung Nomor 72/G/2013/PHI.PN.Bdg tanggal 6 Desember 2013, ditolak seluruhnya oleh majelis Hakim PK.

Dalam putusan Nomor 79 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 29 Oktober 2014, Mahkamah Agung menilai, perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) yang dibuat oleh PT Inti Garmindo Persada, telah sesuai dengan ketentuan Pasal 59 ayat (1) huruf c Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dan Pasal 5 ayat (1) Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 100/Men/IV/2004 tentang Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

Perusahaan yang beralamat di Jalan Karya Logam, Rt.05/Rw.05, Kampung Legon, Desa Jati Mulya, Tambun, Kabupaten Bekasi tersebut beralasan, bahwa pekerja yang dikerjakan yaitu memproduksi celana dan jaket jeans merk Lois oleh Tri Astuti Ningsih, dkk adalah pekerjaan yang bersifat order (pesanan) dari PT Dinamika Prakarsa, PT Coca Cola Bottling Indonesia, PT Coca Cola Bottling Distirbution Indonesia, dan Tokai Trading Co. Ltd.

Sehingga, dasar dan alasan perusahaan yang disertai dengan bukti-bukti perjanjian yang dibuat bersama pihak ketiga (perusahaan pemberi order), PHI Bandung dan Mahkamah Agung menolak gugatan Tri Astuti Ningsih, dkk yang meminta dipekerjakan kembali dan dijadikan pekerja tetap. (Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of