Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
650

Bank Mega Alihkan ke Outsourcing, PHI Tolak Gugatan Pekerja

Makassar | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Makassar, dalam putusannya Nomor 15/PHI.G/2013/PN.Mks tanggal 13 Februari 2014, menolak gugatan Vinsensius Yoseph Sareng untuk seluruhnya yang menuntut Bank Mega Cabang Makassar membayar uang pesangon sebesar Rp.33,4 juta. 

Gugatan Vinsensius bermula dari keberatannya terhadap pengalihan pekerjaannya sebagai driver di Bank Mega Cabang Makassar, ke perusahaan outsourcing PT Jasa Swadaya Utama sejak bulan April 2012. Vinsensius mempersoalkan masa kerjanya selama bekerja 8 (delapan) tahu mengabdi di Bank Mega. 

PHI Makassar berpandangan, bahwa antara Vinsensius dengan Bank Mega telah terjadi kesepakatan pengakhiran kerjasama, yang salah satu diantaranya adalah menerima pengalihan hubungan kerja ke PT Jasa Swadaya Utama selaku perusahaan outsourcing. 

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Mahkamah Agung dalam putusannya Nomor 417 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 15 Januari 2015, yang berpendapat telah terbukti dengan kesepakatan pengakhiran kerjasama dengan karyawan lainnya, termasuk dengan Penggugat dimana telah pula menandatangani kesepakatan pengakhiran kerja sama, sehingga pengakhiran hubungan kerja sama adalah berdasar kesepakatan bersama. (Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of