Minggu, 21 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
995

Kontrak Tanpa Tanda Tangan Perjanjian, Menjadi Pekerja Tetap

Boyolali | Hubungan kerja kontrak yang tidak dibuatkan perjanjian kerja kontraknya, dinyatakan sebagai perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau menjadi pekerja tetap. Hal tersebut ditegaskan dalam ketentuan Pasal 57 ayat (2) UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, yang bunyinya : Perjanjian kerja untuk waktu tertentu yang dibuat tidak tertulis bertentangan dengan ketentuan sebagai mana dimaksud dalam ayat (1) dinyatakan sebagai perjanjian kerja untuk waktu tidak tertentu. 

Ketentuan tersebut yang menjadi dasar bagi Mahkamah Agung untuk mengabulkan gugatan Asteria Retno Setyo Darwati, atas pemutusan hubungan kerja sepihak yang dilakukan oleh PT Hasasi International, dengan alasan berakhirnya kontrak yang dimulai sejak tanggal 7 Nopember 2012 hingga 1 Juni 2013. 

Asteria menolak asalan PHK karena habisnya masa kontrak, karena sejak dirinya bekerja di perusahaan yang berlokasi di Desa Randusari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali itu, tidak pernah menanda-tangani perjanjian kerja kontrak. 

Alasan Asteria menjadi dasar pertimbangan Mahkamah Agung, yang dalam putusannya Nomor 552 K/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 20 November 2014, mengubah putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Semarang Nomor 48/G/2013/PHI.Smg tanggal 18 Juni 2014, dan menghukum perusahaan untuk membayar uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan yang besarnya 2 (dua) bulan upah ditambah dengan upah selama tidak dipekerjakan sebesar 1 (satu) bulan upah. (Jm)

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
adminbofery safutra Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
fery safutra
Guest
fery safutra

saya bekerja semala 2 taun terus saya ada masalah sama atasan dia bilang saha udah gak butuh oranh kaya kamu,, saya bingung saya di keluarkan tanpa penjelasan ,, group WA saya di keliarin sama atasan pas kejadian itu, nah apa saya berhak minta hak saya ,