Jumat, 15 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
470

Memori Diajukan Lewat Waktu, Kasasi Tidak Dapat Diterima

Samarinda | Mahkamah Agung menyatakan permohonan kasasi yang diajukan oleh Umarto Ratu Loli, dkk (180 orang) melawan PT Thiess Contractors Indonesia, tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard). MA menilai, memori kasasi yang diserahkan pada tanggal 21 Januari 2013 melalui Kepaniteraan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Samarinda, telah melewati tengang waktu 14 (empat belas) hari dari permohonan kasasi secara lisan yang diajukan tanggal 26 Desember 2012.

Dalam ketentuan Pasal 47 ayat (1) Undang-Undang No. 14 Tahun 1985 sebagaimana yang telah diubah dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2004 dan perubahan kedua Undang-Undang No. 3 Tahun 2009, dinyatakan : “Dalam pengajuan permohonan kasasi pemohon wajib menyampaikan pula memori kasasi yang memuat alasan-alasannya, dalam tenggang waktu 14 (empat belas) hari setelah permohonan yang dimaksud dicatat dalam buku daftar”. Ketentuan tersebut, menjadi dasar bagi Mahkamah Agung untuk menyatakan permohonan kasasi Umar, dkk tidak dapat diterima.

Permohonan kasasi yang diajukan Umar, dkk, adalah karena keberatan dengan putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Samarinda Nomor 09/G/2012/PHI.Smda. tanggal 11 Desember 2012, yang mengabulkan gugatan PT Thiess Contractors Indonesia untuk sebagian, dengan amar putusan persetujuan pemutusan hubungan kerja tanpa uang pesangon.

PHI Samarinda sependapat dengan dalil gugatan perusahaan yang mengajukan permohonan penyelesaian perselisihan pemutusan hubungan kerja, disebabkan adanya tindakan memperlambat pekerjaan (slow down), dan melakukan sabotase yang merupakan bagian dari tindakan indisipliener.

Atas kejadian tersebut, perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kutai Timur mengajukan gugatan pemutusan hubungan kerja tanpa uang pesangon. Menanggapi gugatan perusahaan, PHI Samarinda hanya memerintahkan perusahaan untuk membayar upah antara setengah bulan hingga dua bulan, serta sisa cuti tahunan. (Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of