Senin, 18 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
36

Tak Terima Digugat Perusahaan, Buruh Datangi PN Cibinong

Bogor | Gugatan PT Sumber Sukses Sentosa terhadap Kamaludin dan Dias Faradilah, yang merupakan Ketua dan Sekretaris Serikat Pekerja, yang didaftarkan di Pengadilan Negeri Kelas IB Cibinong, menyulut demonstrasi ratusan massa buruh yang merupakan anggota Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) di depan Gedung PN Cibinong, Rabu (4/3) kemarin.

Para buruh tersebut tak terima, jika pengurus serikat pekerjanya digugat sebesar 50 Miliar, lantaran keduanya dianggap bertanggung-jawab atas pemogokan yang telah dilakukan para buruh selama hampir dua bulan, di perusahaan yang memproduksi air minum kemasan “Vit” itu.

Menurut salahsatu pengunjuk rasa, Andri yang juga sebagai anggota dari Garda Metal SPMI. Sebelumnya perusahaan yang berada di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Bogor tersebut, telah mem-PHK hampir 100 orang buruhnya, dengan alasan mogok kerja yang dilakukan para buruh dianggap tidak sah oleh perusahaan.

“Kami meminta Pengadilan untuk bersikap arif dan bijaksana terkait  gugatan yang dilakukan oleh perusahaan terhadap pengurus serikat pekerja kami”, ujar Andri, di depan gedung Pengadilan Negeri Cibinong.

Dirinya berharap, agar perusahaan membatalkan gugatan yang telah diajukannya itu, karena menurutnya, urusan permasalahan tenaga kerja bukan merupakan kewenangan Pengadilan Negeri, melainkan di Pengadilan Industri Bandung, Jawa Barat. (Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of