Type to search

Bekerja Di Perusahaan Lain, Di Gugat PHK Mengundurkan Diri

Share

Sidoarjo | PT Java Prima Industri yang berkedudukan di Jl. Industri No. 66, Sidokepung Buduran, Sidoarjo, menggugat Ignatius Margono ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, dengan alasan terbukti telah bekerja di perusahaan lain. Gugatan yang diregister dengan perkara Nomor : 4/G/2015/PHI.Sby tertanggal 6 Januari 2015, meminta PHI Surabaya untuk menyatakan hubungan kerja putus karena mengundurkan diri sejak bulan Juni 2014, dan menetapkan uang pisah sebesar Rp.700 ribu. 

Terhadap gugatan PT Java Prima Industri, PHI Surabaya melalui Juru Sita PHI Surabaya, Djoko Sugiono telah memanggil Ignatius yang beralamat di Jl. Mulyo Sari Mas C9, No. 18, Surabaya, tanggal 21 Januari 2015 dan 28 Januari 2015. Namun Ignatius tetap tidak memenuhi panggilan, dan tidak juga mengutus wakilnya yang sah. 

Lebih lanjut, PHI Surabaya menilai, bahwa pekerja mengakui telah bekerja sebagai pialang minyak yang berkedudukan di WTC Surabaya, sejak bulan April 2014, sebagaimana halaman 3 point 3 gugatan perusahaan, dan dinyatakan dalam Surat Anjuran Mediator Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo Nomor : 567/6185/404.3.3/2014 tertanggal 10 Desember 2014. 

Majelis Hakim PHI Surabaya berpendapat, bahwa pekerja tidak masuk kerja pada perusahaan dikarenakan pekerja menjalankan pekerjaan baru sebagai pialang minyak, dengan demikian maka pekerja tidak melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab sebagai karyawan perusahaan, serta pekerja telah melepaskan hak atas upah atau perusahaan tidak berkewajiban lagi memberikan upah pada pekerja, sejak pekerja menjalankan pekerjaan baru sebagai pialang minyak pada bulan April 2014, dan pekerja dikatagorikan mengundurkan diri. 

“Mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya dengan tanpa hadirnya Tergugat (verstek)”, ucap Isjuaedi, S.H., M.H., selaku Ketua Majelis Hakim membacakan amar putusan yang diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum, Senin (16/2) lalu, tanpa dihadiri oleh Ignatius Margono. (***Jm)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *