Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
5

Digaji 300 Ribu Sebulan, PHI Hukum Bayar Kekurangan Upah

Surabaya | Akhirnya kesabaran Eko Wahjuningtyas berbuah hasil, Rabu (8/4), Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya, mengabulkan sebagian gugatan perempuan 42 tahun itu.

“Mengabulkan gugatan Penggugat untuk sebagian,” ucap Wahyono, S.H., Ketua Majelis PHI Surabaya saat membacakan amar putusan dalam sidang yang dinyatakan terbuka untuk umum tersebut.

Dalam putusan Nomor 138/G/2014/PHI.Sby setebal 38 halaman tersebut, PHI Surabaya menghukum Edy Trijono selaku Pimpinan CV Dwi Bahari untuk membayar kekurangan upah kepada Eko selama tidak diberikan pekerjaan (non job) sejak bulan Agustus hingga Oktober 2012, sebesar Rp.2,8 juta.

Selain itu, PHI Surabaya menyatakan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan Edy tanggal 1 Nopember 2012 terhadap Eko, bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. PHI nilai, hubungan kerja keduanya dapat dinyatakan putus terhitung sejak tanggal 31 Juli 2013.

Sehingga, PHI juga menghukum CV Dwi Bahari yang beralamat di Jl. Ikan Dorang Baru, No. 56, Surabaya, untuk membayar uang pesangon sebesar Rp.14 juta secara tunai kepada Eko yang telah bekerja sebagai Administrasi Operasional selama lebih dari 5 tahun itu.

Gugatan Eko bermula dari tuduhan perusahaan, yang dianggap telah melalaikan tugasnya sehingga menimbulkan kerugian materiil hingga sebesar Rp.10 juta. Diantaranya Eko pernah berpergian ke luar pulau selama 2 (dua) minggu berturut-turut tanpa keterangan yang dapat dipertanggungjawabkan. (***Jm)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of