Type to search

Keliru Gunakan Huruf Depan Pada Penyebutan Nama, Gugatan di-NO

Share

Yogyakarta | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Yogyakarta, dalam sidang yang dinyatakan terbuka untuk umum, Senin (24/11/2014), menyatakan gugatan Ahmad Mustaqim dan Pitri Isdianto terhadap PT Griya Asri Hidup Abadi, yang diregister dengan Perkara Nomor 6/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Yyk, tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard). 

Menurut Majelis Hakim PHI Yogyakarta, yang diketuai oleh Wuryanta, S.H., M.H., surat gugatan kedua pekerja tersebut, tidak memenuhi syarat materiil formulasi surat gugatan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 8 Reglement op de Burgerlijke Rechtsvordering (RV). 

Sebuah surat gugatan harus memenuhi syarat formil, yaitu mencantumkan tempat dan tanggal pembuatan surat gugatan, yang harus ditanda-tangani oleh para pihak atau kuasa hukumnya yang sah. Sedangkan syarat materiil diantaranya, adalah mencantumkan dengan benar, terang, jelas dan lengkap identitas, serta kedudukan para pihak sebagai perorangan atau badan usaha yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum. 

Lebih lanjut, setelah Majelis Hakim mempelajari surat gugatan, terdapat penulisan nama Penggugat II, yaitu Fitri Isdianto yang berawalan huruf “F”. Padahal dalam bukti-bukti yang surat yang diajukan oleh Penggugat sendiri, yaitu Kartu Asuransi Rawat Inap, Informasi Saldo Jaminan Hari Tua, Kartu Kepesertaan Jamsostek, dan Slip Gaji, tertulis nama Penggugat II adalah Pitri Isdianto (berawalan huruf “P”). 

Dengan ditemukannya fakta hukum tersebut, maka Majelis Hakim PHI Yogyakarta menilai surat gugatan Penggugat tidak memenuhi syarat materiil, yang harus mencantumkan dengan benar, terang, jelas dan lengkap nama para pihak sebagai subyek hukum, termasuk pihak Penggugat. 

“Bahwa oleh karena gugatan Para Penggugat dinyatakan tidak dapat diterima, maka petitum demi petitum gugatan Para Penggugat tidak perlu dipertimbangkan lagi, dan harus dinyatakan tidak dapat diterima”, papar Wuryanta membacakan konklusi dalam putusan setebal 44 halaman itu. (***Hz)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *