Minggu, 21 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
393

Mundur Dari Jabatan Sama Dengan Mundur Diri Dari Perusahaan

Palembang | “Menolak gugatan Penggugat untuk seluruhnya”, ucap Deson Togatorop, SH, MH, selaku Ketua Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Palembang, yang membacakan amar Putusan Nomor 14/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Plg, Selasa (25/11/2014) lalu, atas gugatan yang diajukan oleh Gerard Arthur Dungus terhadap PT Pelabuhan Indonesia II, yang berkedudukan di Jl. Belinyu Nomor 1, Boom Baru, Palembang. 

PHI Palembang yang memeriksa dan mengadili perkara perselisihan hubungan industrial berupa perselisihan pemutusan hubungan kerja pada tingkat pertama, berkesimpulan pengunduran diri Gerard dari jabatannya dari Manager Kepanduan di PT Pelabuhan Indonesia II, tidak dapat dibuktikan tentang kebenaran-kebenaran atas alasan yang didalilkan Gerard, mengenai adanya pengabaian prinsip-prinsip pengelolaan perusahaan yang tidak mengikuti prinsip Good Coorperate Governance (GCG), yang membuat Gerard tidak nyaman bekerja. 

Permohonan Gerard atas pengunduran diri dari jabatannya tanggal 23 Desember 2013, menurut Majelis Hakim PHI Palembang, merupakan bentuk tindakan yang tidak lagi mau bekerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia II. Serta tidak diatur dalam ketentuan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang masih berlaku di perusahaan, sepanjang mengenai pengunduran diri dari jabatan. Sehingga, PHI Palembang mengkualifikasikan tindakan Gerard bukan hanya mengundurkan diri dari jabatan, tetapi meliputi mengundurkan diri sebagai pekerja PT Pelabuhan Indonesia II. 

Atas pertimbangan tersebut, PHI Palembang menolak tuntutan Gerard yang meminta pengunduran diri dari jabatannya dinyatakan sah dan tetap sebagai pekerja PT Pelabuhan Indonesia II, serta tuntutan pembayaran upah selama tidak dipekerjakan sementara terhitung sejak bulan Juli 2014. PHI Palembang hanya menghukum perusahaan untuk membayar uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4) Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, yang seluruhnya berjumlah sebesar Rp.39,7 juta, beserta manfaat program pensiun, uang pisah sebesar 2 (dua) bulan upah, dan uang bantuan pindah. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of