Sabtu, 20 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
407

Revisi UU PPTKILN: BNP2TKI, KTKLN Bakal Ganti Nama

Jakarta | Pemerintah telah selesai menyusun draft Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Luar Negeri (UU PPTKILN). Dalam RUU Perubahan tersebut, paling lama 6 (enam) bulan setelah RUU Perubahan UU PPTKILN disahkan, maka Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dinyatakan bubar.

Adapun mengenai fungsi dan tugas BNP2TKI, akan digantikan dengan lembaga baru yang diberi nama Badan Nasional Perlindungan Pekerja Indonesia di Luar Negeri (BNPPILN), sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang mempunyai fungsi utama sebagai pelaksana kebijakan Pemerintah tentang perlindungan Pekerja Indonesia di Luar Negeri.

Selain itu, RUU Perubahan PPTKILN juga mengganti nama Kartu Tanda Kerja Luar Negeri (KTKLN), yang merupakan salah satu syarat bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk dapat bekerja di luar negeri. Pengaturan tersebut termuat dalam ketentuan Pasal 117 huruf a dan Pasal 119 ayat (1) RUU Perubahan PPTKILN.

Pergantian nama KTKLN menjadi Kartu Pekerja Indonesia di Luar Negeri (KPILN), yang berfungsi sebagai kartu identitas bagi Pekerja Indonesia di Luar Negeri, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 17 RUU Perubahan PPTKILN.

Sekedar informasi, Badan Legislasi (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kamis (29/1/2015) lalu, memasukkan usulan perubahan UU PPTKILN yang berasal dari Komisi IX DPR, dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Tahun 2015. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of