Rabu, 13 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
257

Setelah Ditugaskan di-Tiga Perusahaan, Pesangon Tak Kunjung Jelas

Banda Aceh | Tak terima dipindahtugaskan dari PT Betami Rantau Estate ke PT Atakana Pereulak pada Januari 2011, lalu dipindahkan lagi PT Bahari Dwikencana Lestari, Khairuddin mengajukan permohonan pemutusan hubungan kerja (PHK) ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Banda Aceh, tanggal 28 Agustus 2014 yang diberi Nomor Register : 05/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Bna. 

Khairuddin dalam permohonan PHK-nya, menggunakan dasar ketentuan Pasal 169 ayat (1) huruf e Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Karena Khairuddin diperintahkan untuk melaksanakan pekerjaan diluar yang diperjanjikan, sehingga mengajukan tuntutan uang pesangon sebesar Rp.82,9 juta. 

Dalam gugatannya, Khairuddin yang bekerja hampir 16 tahun dengan upah sebulan Rp.1,5 juta itu, menggugat PT Betami Rantau Estate yang beralamat di Desa Kebun Rantau, Aceh Tamiang. Setelah sebelumnya upaya mediasi di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang tidak mendapatkan titik temu. 

Menanggapi gugatan Khairuddin, PT Betami Rantau Estate mengajukan jawaban pada tanggal 17 Oktober 2014. Dalam jawabannya, PT Betami mengajukan keberatan, sebab yang digugat oleh Khairuddin seharusnya PT Bahari Dwikencana Lestari bukan PT Betami. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya Surat Pengunduran Diri Khairuddin tanggal 30 April 2013 yang ditujukan untuk PT Bahari Dwikencana Lestari. 

Mempertimbangkan kondisi demikian, Majelis Hakim PHI Banda Aceh yang dipimpin oleh Eddy, S.H., berpendapat, dengan memperhatikan bukti surat pengunduran diri yang diajukan Khairuddin untuk PT Bahari Dwikencana Lestari, serta surat anjuran Mediator Dinsosnakertrans Aceh Tamiang yang ditujukan untuk PT Betami Rantau Estate dan PT Bahari Dwikencana Lestari, maka gugatan demikian dianggap kabur (obscuur libel). 

Terhadap gugatan Khairuddin, PHI Banda Aceh dalam putusannya tanggal 30 Desember 2014, menyatakan gugatan Khairuddin sebagai Penggugat dinyatakan tidak dapat diterima (Niet Onvankelijke verklaard). (***Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of