Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
352

Sisa Gaji Belum Dibayar, Mantan ABK Banting Stir Jadi Kuli Bangunan

 Jakarta | Baru sembilan bulan kerja menjadi Anak Buah Kapal (ABK) di perairan Chili Amerika Selatan, Iko Dwi Setiyadi dipulangkan tanpa alasan yang jelas, serta 3 bulan gajinya masih tertahan di Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI).

“Saya tanda tangan surat Perjanjian Kerja Laut (PKL) selama 2 tahun, namun baru bekerja selama 9 bulan sudah dipulangkan ke Indonesia. Sambil menunggu sisa gaji dibayar, sementara saya bekerja menjadi buruh serabutan di kawasan jakarta pusat”, ujar Iko melalui telepon, Kamis (18/04).

Sementara ini, Iko rela menjadi buruh serabut dan tinggal di kontrakan pemukiman padat penduduk di Jl. Kartini, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Untuk diketahui, Iko Dwi Setiyadi diberangkatkan ke luar negeri oleh PT Koindo Maritime Power yang berdomisili di Jakarta Pusat. Dirinya mengaku berangkat pada tanggal 25 Mei 2014, dan dipulangkan pada Februari 2015.

Selain korban sudah melaporkan permasalahannya kepada Badan Nasional Penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), ia juga sering datang ke perusahaan untuk menagih sisa gajinya yang belum dibayar. Namun, setiap mendatangi perusahaan, pihak perusahaan terkesan mengulur-ulur waktu. Harapan korban, BNP2TKI selaku badan pelindung TKI segera dapat memanggil perusahaan agar dapat segera menyelesaikan permasalahan tersebut. (***Is)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of