Type to search

Tak Faham Dengan Pertanyaan, Hakim PHI Minta Hadirkan Saksi Baru

Share

Padang | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Padang, Jum’at (17/4) lalu kembali menggelar sidang perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja terhadap Khaides Nofrizal sebagai Penggugat, yang diberhentikan secara sepihak oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mutiara Nagari sebagai Tergugat terhitung sejak 23 April 2013 lalu, dengan alasan surat rekomendasi Bank Indonesia.

Persidangan yang mengagendakan mendengarkan keterangan saksi tersebut, ditunda, lantaran ketiga saksi yang dihadirkan oleh kuasa hukum BPR Mutiara Nagari, tidak mengerti UU Perseroan Terbatas (PT), yang menyatakan mekanisme pengambilan keputusan tertinggi adalah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Keterangan itu merupakan kesaksian dari Syafri Roma yang merupakan Kepala pos jaga, Zulhendri Ekaputra selaku Kepala Seksi Kredit, dan Wardito yang bertugas sebagai security.

Hakim ketua Jamal sempat marah ketika ketiga saksi dalam persidangan tidak paham dengan maksud pertanyaan dari Kuasa Hukum Penggugat, dan majelis Hakim karena lain yang ditanya lain pula yang dijawab.

Jamalpun meminta para pihak untuk menghadirkan saksi yang mengerti terkait dengan status hubungan kerjanya Kaides Nofrizal. “Tampak ketiga saksi tidak mengerti tentang mekanisme pada perseroan terbatas, terkait mekanisme pengambilan keputusan tertinggi pada rapat RUPS, baik pengusulan maupun pemberhentian seorang direktur,” kata Hakim Jamal.

Hakim Jamalpun menantang para pihak untuk menghadirkan saksi yang berkompeten terkait dengan pengusulan dan pemberhentian sebagai Direktur. “Novrizal diberhentikan secara sepihak oleh pihak Bank Indonesia, sebetulnya status karyawan Khaides juga masih belum terang benderang hingga sekarang,” ujar Sabran Ahmidi, S.H., yang ditunjuk oleh Khaides Novrizal sebagai Kuasa Hukum di PHI Padang, seusai sidang.

Persidangan untuk mendengarkan saksi, akhirnya ditunda hingga pekan depan, tanggal 24 April 2015 dengan agenda kembali menghadirkan saksi dari para pihak yang berkompeten. (***mikan/Hz)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *