Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
27

Tiga Konfederasi Buruh Berniat Bentuk Partai Politik

Jakarta | Sebanyak 178 ribu buruh, dari 3 (tiga) konfederasi yaitu Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), selain akan turun memenuhi jalan-jalan protokol di Jakarta dalam peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei pekan depan, juga sedang mempersiapkan Partai Politik sendiri.

Wacana pembentukan partai tersebut, ditegaskan oleh Ilhamsyah dari Komite Persiapan-Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KP-KPBI), kepada sejumlah wartawan dalam gelaran Konferensi Pers Jelang Mayday, yang digelar Gerakan Buruh Indonesia (GBI) di Hotel Sofyan, Jl. Cut Mutia, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (23/4) siang tadi.

“Sudah cukup kaum buruh dan rakyat jelata terus menerus dibodoh-bodohi oleh elite-elite politik yang berkuasa saat ini,” ujar Ilham. Menurutnya, Mayday tahun ini akan berbeda dari perayaan Mayday tahun-tahun sebelumnya, karena Mayday kali ini harus mampu meningkatkan kesadaran politik kaum buruh.

Pada kesempatan tersebut, Presiden KSPSI, Andi Gani Nuwawea memaparkan jumlah kaum buruh yang mayoritas dari semua unsur rakyat, seharusnya mempunyai kekuatan penentu dari setiap kebijakan-kebijakan yang dilahirkan oleh rezim Jokowi-JK. Namun menurutnya, hingga kini kaum buruh hanya dijadikan obyek oleh pengusaha.

“Jika pemerintah ingin mengembalikan kedaulatan bangsa Indonesia, maka pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi-JK harus menghentikan proses liberalisasi yang sedang berlangsung di seluruh sektor, khususnya sektor ketenagakerjaan,” ungkap Gani. (***Hz)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of