Type to search

Berita

Disepakati Penyelesaian Arbitrase, PHI Nyatakan Tak Berwenang

Share

39tenagasosialcomJambi | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jambi, menyatakan tidak berwenang untuk mengadili perkara yang diajukan oleh Sumiaty Marzuki terhadap PT Minemex Indonesia, demikian diputuskan dalam Rapat Permusyawaratan Hakim PHI Jambi, yang diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum, Senin (20/4/2015) lalu. 

\r\n

Menurut PHI Jambi, sebagaimana tersebut dalam Putusan Nomor 01/G/2015/PHI.Jmb, antara Sumiaty dengan perusahaan yang berkedudukan di Jl. Hayam Wuruk Lrg. Setia, Rt.007, No. 16, Kota Jambi itu, tidak terdapat unsur pekerjaan, upah dan perintah sebagaimana yang dipersyaratkan dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. 

 

Meskipun Sumiaty mampu membuktikan adanya Surat Perjanjian Kerja Sama, yang menyatakan dirinya adalah Konsultan HR/Personalia di PT Minemex, akan tetapi di dalam surat perjanjian tersebut juga menyepakati untuk menyelesaikan permasalahan yang bersifat teknis, penyelesaiannya melalui arbitrase, dan yang bersifat diluar teknis diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jambi. 

 

“Oleh karena antara Penggugat dengan Tergugat dalam perjanjian kerjasama telah menyepakati cara penyelesaian perselisihan antara mereka yaitu untuk persoalan teknis melalui arbitrase dan di luar teknis melalui pengadilan negeri Jambi, maka PHI Jambi menyatakan tidak berwenang untuk mengadili perkara ini,” ujar Hakim Rohendi membacakan pertimbangan hukum. 

 

Dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, mengatur tentang penyelesaian melalui arbitrase, sebagaimana diatur dalam Bagian Keempat. Dan putusan arbitrase mempunyai kekuatan hukum mengikat sama dengan putusan PHI, yang apabila ada pihak yang keberatan terhadap putusan arbitrase, dapat mengajukan permohonan keberatan ke Mahkamah Agung. (***Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *