Rabu, 17 Juli 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
1.481

Gugatan Tidak Diterima Karena Eksepsi Persona Standi Non Judicio

Gorontalo | PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk., mengajukan eksepsi atas gugatan yang diajukan tanggal 11 November 2014 oleh Rika Endah Muhammad, yang didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Gorontalo, dengan register perkara Nomor 21/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Gto. 

Dalam surat jawaban gugatan, PT. BRI menyampaikan dalil tangkisan yang salah satunya adalah PT BRI tidak mempunyai kualitas untuk dapat dituntut (persona standi non judicio). PT. BRI beralasan, PT BRI yang dijadikan subyek gugatan bukanlah perusahaan yang berdiri sendiri, melainkan merupakan satu bagian dari badan hukum yang disebut Pemerintah Republik Indonesia cq. Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Kementerian Keuangan cq. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. cq. Kantor Wilayah Manado PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. cq. Kantor Cabang Limboto PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. 

Dengan demikian, menurut Abdul Rahman Hanafi, dkk selaku Kuasa Hukum dari PT. BRI menyatakan, jelas bahwa PT. BRI tidak mempunyai kualitas untuk dapat dituntut dalam perkara perdata di muka pengadilan jika tidak dikaitkan badan hukum induknya dan instansi diatasnya. 

Terhadap dalil eksepsi PT. BRI, Majelis Hakim PHI Gorontalo berpendapat, bahwa tidaklah tepat dalam Surat Gugatan pekerja hanya menyebut PT. BRI Cabang Kabupaten Gorontalo di Limboto, beralamat di Jalan Ahmad A. Wahab No. 269 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Maka berdasarkan Yurisprudensi Mahkamah Agung Nomor 1424K/Sip/1975 tanggal 8 Juni 1976 tentang gugatan yang harus ditujukan kepada pemerintah pusat, maka gugatan Rika Endah Muhammad harus dinyatakan tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijk Verklaard). 

Dalam surat gugatannya, Rika yang bekerja belum genap 2 (dua) tahun itu, menuntut PT. BRI untuk membayar uang pesangon sebesar Rp.14,9 juta atas pemutusan hubungan kerja sepihak yang dilakukan perusahaan perbankan itu sejak 19 November 2013. (***Jm)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of