Rabu, 18 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
330

Meski Meminum Minuman Beralkohol, Pekerja Tetap Dapat Pesangon

Ilustrasi.

396-alasan-karyawan-dipecat-717Bandung | Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh Hotel Horison Bandung, Kamis (12/2/2015). Menurut MA, meskipun Tubagus Ibrahim dan Surya Ningrat terbukti meminum minuman beralkohol saat sedang melakukan kegiatan kerja pada tanggal 30 September 2013, tetapi tidak terbukti jika kedua pekerja tersebutlah yang membelinya.

“Sekalipun para Penggugat sebagaimana telah dipertimbangkan secara benar oleh Judex Facti, terbukti minum-minuman keras namun Penggugat tidak terbukti yang membeli minuman tersebut dan tidak melakukan pengrusakan terhadap barang milik orang lain,” papar Dr H Supandi SH., MH., selaku Ketua Majelis Hakim Kasasi membacakan pertimbangan hukum putusan Nomor 704 K/PDt.Sus-PHI/2014.

Selain itu, Hakim Supandi juga menyatakan, bahwa tidak ada alat bukti terkait kedua pekerja tersebut telah mendapatkan surat peringatan. Bahkan sebaliknya, menurut keterangan para saksi dan bukti, masa kerja Tubagus dan Surya mempunyai masa kerja yang cukup lama. Sehingga terhadap keduanya, wajar diberikan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (2), ayat (3) serta ayat (4) Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003.

Sebelumnya, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung telah mengabulkan sebagian gugatan Tubagus Ibrahim dan Surya Ningrat. Dalam putusannya Nomor 92/G/2014/PHI/PN.Bdg tanggal 30 September 2014, PHI Bandung menyatakan putus hubungan kerja kedua pekerja tersebut dengan Hotel Horison terhitung sejak akhir Maret 2014, dan menghukum pihak Hotel untuk membayar uang pesangon yang seluruhnya sebesar Rp.75,7 juta. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of