Sabtu, 23 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
478

Pengunduran Diri Disetujui Setelah Setahun, PHI Perintah Bayar Pesangon

Ilustrasi.

47bekamsteriljakartacomBekasi | PT Indopack Pratama, diperintahkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, untuk membayar kompensasi pemutusan hubungan kerja sebesar Rp.188,6 juta, kepada Sri Redjeki sebagai uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (2), ayat (3), serta ayat (4) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dalam putusannya Nomor 173/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Bdg, PHI Bandung memandang cukup alasan untuk menyatakan hubungan kerja antara Penggugat yaitu Sri Redjeki dengan perusahaan, berakhir karena mengundurkan diri atas kemauan diri sendiri. Hal demikian, dibuktikan dengan Surat Pernyataan Pengunduran Diri yang diajukan oleh Penggugat tanggal 17 Oktober 2012.

Namun, karena perusahaan yang berlokasi di Jl. Raya Bekasi Km. 28, Pondok Ungu, Bekasi itu, berdalih kesulitan mencari pengganti Sri Redjeki yang merupakan Supervisor Finance. Maka perusahaan baru dapat memberikan persetujuan pengunduran diri dimaksud pada tanggal 31 Oktober 2013, atau setelah setahun lamanya pengajuan pengunduran diri.

Menurut Sri seperti tertulis dalam surat gugatannya tanggal 18 Agustus 2014, seharusnya berdasarkan ketentuan Pasal 36 Peraturan Perusahaan, terhitung sejak tanggal 17 Januari 2013, dirinya telah efektif resmi mengundurkan diri. Akan tetapi, hingga genap setahun sejak dirinya mengajukan pengunduran diri, perusahaan tidak memberikan persetujuan.

“Untuk memenuhi rasa keadilan mengingat Penggugat telah mengabdikan dirinya sejak tahun 1994 serta menunda pengunduran diri hingga makan waktu 1 tahun untuk memberikan kesempatan Tergugat dalam mencari penggantinya, untuk itu Penggugat berhak atas uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak,” ucap Hakim Sucipto, SH., MH., selaku Ketua Majelis Hakim PHI Bandung membacakan pertimbangan hukum dalam s

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Barkah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Barkah
Guest

Alhamdulillah….

Salam,
Barkah