Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
23

Peringatan Mayday di-Jakarta, Diiringi Doa Buruh Karawang

Karawang | Momentum perayaan Hari Buruh Internasional, May Day, Jum’at (1/5) hampir diperingati oleh seluruh buruh di Indonesia. Gegap gempita teriakan lantang “Hidup Buruh” menggema, tidak hanya di Jakarta tetapi disetiap Ibukota Provinsi. Segala macam gelaran perayaan dilaksanakan dengan penuh antusias, demi merayakan kegembiraan atas kemenangan perbaikan menjadi 8 jam kerja di tahun 1886.

Pada setiap perayaan hari buruh, serikat buruh selalu menyuarakan aspirasi perbaikan kesejahteraan, dari status kerja, kebebasan berserikat, upah, dan jaminan sosial, secara berkesinambungan disuarakan kepada Pemerintah, agar nasib buruh menjadi lebih baik.

Peringatan May Day tahun 2015 ini, akan dirayakan lebih dari 3 juta buruh di Indonesia, dan sebanyak 170 ribu akan memadati ruas Bunderan Hotel Indonesia hingga Istana Negara, Jl. Medan Merdeka barat, Jakarta, ungkap Andi Gani Nuwawea, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

Tercatat, sebanyak 4 (empat) konfederasi, yaitu KSPSI, KSPI, KSBSI dan KASBI tengah melakukan longmarch dari Bunderan HI menuju Istana Negara, siang ini. Ratusan Ribu buruh tersebut, juga akan menggelar Sholat Jum’at bersama di Jl Medan Merdeka hingga pelataran Monumen Nasional (Monas).

Hingar bingar warna bendera dan spanduk yang dibawa oleh para buruh di Jakarta, juga dirasakan di Karawang. Sejumlah serikat pekerja, diantaranya Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS) dan Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), menggelar bakti sosial, khitanan masal, dan tabligh akbar.

Sejak pagi tadi, ratusan pekerja dari FSPS menyisir tempat-tempat di Karawang untuk membagikan mie instant, biskuit dan beberapa kebutuhan pokok ke masyarakat Karawang yang membutuhkan. Dan akan dilanjutkan oleh kader PPMI dengan Sholat Jum’at berjamaah di Masjid Jami Aliyah, Karawang Barat, serta doa agar kaum buruh dapat hidup sejahtera bersama Habib Hilal dan Eggi Sudjana.

Selain Jakarta dan Karawang, seribu buruh dari FSPS Cirebon, juga turut merayakan hari buruh Internasional dengan mendatangi Kantor Bupati Cirebon. Setelah sehari sebelumnya, Bupati Cirebon menemui para pimpinan serikat pekerja FSPS, dan menanda-tangani kesepakatan bersama penegakkan hukum ketenagakerjaan di Kabupaten Cirebon, demikian disampaikan oleh Amal Subkhan, Juru Bicara FSPS Cirebon. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of