Sabtu, 23 November 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
411

PHI Bandung Kabulkan Gugatan Balik SPAMK FSPMI

Ilustrasi.

470943563620X310Bandung | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (10/3) lalu, menolak seluruhnya gugatan PT Indomatsumoto Press & Dies Industries, terhadap ketiga pekerjanya. Dalam gugatannya, perusahaan yang berlokasi di Jl. Toyogiri, Tambun, Bekasi itu, memohon agar PHI Bandung menyatakan pemutusan hubungan kerja terhadap ketiga pekerjanya itu, sah menurut hukum karena berakhirnya kontrak kerja. 

Tak terima digugat PHK, ketiga pekerja perusahaan yang memproduksi spare port mobil tersebut, yaitu Gunarto, Arifudin dan Dharis Purnomo melalui Serikat Pekerja Atomotif Mesin dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPAMK FSPMI), mengajukan gugatan balik (rekonpensi) bersamaan dengan jawaban bantahan atas gugatan yang diregister pada tanggal 15 September 2014 itu, dengan Perkara Nomor 150/Pdt.Sus-PHI/2014/PN.Bdg. 

Dalam gugatan balik yang diajukan tanggal 4 Nopember 2014, SPAMK FSPMI meminta agar PHI Bandung menghukum perusahaan untuk membayar uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sebagai uang kompensasi pemutusan hubungan kerja, yang seluruhnya sebesar Rp.133,5 juta. 

Terhadap kedua gugatan yang diajukan, PHI Bandung menilai perjanjian kerja waktu tertentu (sistem kerja kontrak) yang dibuat antara perusahaan dengan ketiga pekerja, meskipun didalilkan oleh pengusaha sebagai pekerjaan musiman, namun pekerjaan yang berlangsung diperusahaan tidak tergantung pada musim atau cuaca. Sehingga, perjanjian kerja kontrak yang dibuat melanggar ketentuan Pasal 4 ayat (1) Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 100 Tahun 2004, dan hubungan kerja kedua belah pihak beralih demi hukum menjadi perjanjian kerja tetap. 

Atas penilaian hukum tersebut, PHI Bandung menyatakan gugatan balik yang diajukan oleh SPAMK FSPMI mewakili ketiga pekerja PT Indomatsumoto Press & Dies Industries itu, dikabulkan seluruhnya. Dengan demikian, perusahaan diwajibkan untuk membayar uang kompensasi PHK sesuai dengan gugatan yang diajukan SPAMK FSPMI. (***Ys)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of