Type to search

Siloam Hospital Diwajibkan Pekerjakan Kembali Dokter Yang di-PHK

Share

Surabaya | Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Surabaya memerintahkan PT Siloam International Hospital, Tbk, untuk mempekerjakan kembali Dr Arnold Bobby Soehartono ditempat semula, yaitu sebagai dokter yang ditempatkan di Klinik Perusahaan Gas Negara.

Putusan yang diucapkan pada sidang terbuka untuk umum Senin (23/2) lalu oleh Jihad Arkanuddin, SH.,MH., selaku Ketua Majelis Hakim PHI Surabaya itu, bermula dari gugatan yang diajukan pada tanggal 27 Nopember 2014 oleh perusahaan jasa kesehatan tersebut terhadap Dr Arnold. Dalam gugatannya, perusahaan bermaksud untuk melakukan pemutusan hubungan kerja karena kualifikasi mengundurkan diri.

Dalam perkara yang diregister di Kepaniteraan PHI Surabaya Nomor 131/G/2014/PHI.Sby itu, perusahaan meminta agar PHI Surabaya menetapkan uang pisah sebesar Rp.2,7 juta, akibat tidak bekerjanya Dr Arnold sejak tanggal 1 April 2014.

Namun dalam proses jawab menjawab, perusahaan tidak dapat membuktikan ketidakhadiran Dr Arnold, yaitu berupa timecard (kartu absensi), dan perusahaan juga tidak dapat membuktikan telah melakukan panggilan bekerja seperti biasa terhadap Dr Arnold, sebagaimana syarat yang ditentukan dalam ketentuan Pasal 168 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Atas pertimbangan hukum tersebut, dengan berpedoman pada ketentuan Pasal 170 UU Ketenagakerjaan, PHI Surabaya menolak seluruhnya gugatan perusahaan yang beralamat di Jl. Raya Gubeng, No. 70, Surabaya itu. PHI juga menetapkan besaran upah selama Dr Arnold sejak bulan Desember 2014 hingga Februari 2015, sebesar Rp.7,8 juta. (***Ys)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *