Senin, 23 September 2019 | Saatnya Buruh Cerdas
486

Belum Dibayar, Saksi Ungkap Keterangannya di PHI Tidak Benar

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Surabaya |UD Tjandra Jaya ajukan bukti baru (novum) di tingkat Peninjauan Kembali (PK) dalam perkara pemutusan hubungan kerja yang dilakukannya terhadap Hendrikus Ngambut dan Marsianus Rocky Klau terhitung sejak tanggal 16 November 2011. Bukti yang diajukan adalah keterangan saksi Yatirah, yang menerangkan bahwa dirinya telah memberikan keterangan tidak benar dalam persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI ) pada Pengadilan Negeri Surabaya.

Yatirah menyangkal keterangannya di PHI Surabaya, berupa keberadaannya yang sudah tidak lagi bekerja di UD Tjandra Jaya yang berada di Pergudangan 60, Blok D-36, Jalan Manukan Wetan, Surabaya, karena hingga kini dirinya belum dibayar oleh Kuasa Hukum pekerja.

Namun, Mahkamah Agung (MA) menolak bukti baru yang diajukan perusahaan. Dalam pertimbangan hukumnya, sebagaimana termuat dalam Putusan Nomor 113 PK/Pdt.Sus-PHI/2014 tanggal 21 Januari 2015, MA menilai bukti baru tersebut tidak memenuhi syarat formil, yaitu dinyatakan tidak di bawah sumpah, sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 67 huruf b dan Pasal 69 huruf b UU Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung.

UD Tjandra Jaya keberatan atas Putusan PHI Surabaya Nomor 38/G/2012/PHI.Sby tanggal 6 Agustus 2012 dan Putusan Kasasi Nomor 868 K/Pst.Sus-PHI/2012 tanggal 18 Juli 2013, yang menghukum dirinya untuk memberikan uang pesangon kepada Hendrikus sebesar Rp.39,3 juta dan Marsianus sebesar Rp.32 juta.

Awalnya, Hendrikus dan Marsianus bersama teman-temannya yang lain mengajukan tuntutan berupa pembayaran upah harus sesuai dengan upah minimum yang berlaku, mendaftar menjadi peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja, dan memberikan upah lembur sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Namun, bukannya melakukan perundingan dengan pihak pekerja, perusahaan melarang 18 orang pekerja yang diantaranya Hendrikus dan Marsianus masuk ke lingkungan perusahaan per tanggal 16 November 2011. (***Hz)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of